Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bacaan Sholawat Munjiyat, Keutamaan dan Cara Mengamalkannya

Sholawat munjiyat menjadi salah satu jenis sholawat yang memiliki banyak keutamaan. Berikut bacaan sholawat munjiyat yang penting untuk diamalkan.
Keutamaan Sholawat Munjiyat Beserta Cara Mengamalkannya/Freepik
Keutamaan Sholawat Munjiyat Beserta Cara Mengamalkannya/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam menjalani kehidupan beragama, umat Muslim senantiasa mencari cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, meraih rahmat-Nya, serta memperoleh perlindungan dan keselamatan. Salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam yaitu membaca sholawat munjiyat. 

Sholawat tidak hanya menjadi wujud penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW, tetapi juga sebagai sarana untuk mengharapkan pertolongan dan keberkahan dari Allah SWT.

Di antara banyak jenis sholawat yang ada, terdapat sebuah sholawat yang memiliki keutamaan istimewa, yaitu Sholawat Munjiyat. 

Sholawat ini bukan hanya sekadar rangkaian kata pujian kepada Nabi Muhammad SAW, tetapi juga mengandung arti dan pesan yang dalam. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi keutamaan sholawat Munjiyat beserta cara mengamalkannya.

Sholawat Munjiyat dan Artinya

Berikut bacaan sholawat munjiyat Arab, latin, beserta artinya secara lengkap:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَـــا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ

Bacaan sholawat munjiyat latin:

Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin wa ‘alâ âli Sayyidinâ Muhammadin shalâtan tunjînâ bihâ min jamî’il ahwâli wal âfât wa taqdhî lanâ bihâ jamî’al hâjat wa tuthahhirunâ bihâ min jamî’is sayyiât wa tarfa’unâ bihâ ‘indaka a’lad darajât wa tuballighunâ bihâ aqshal ghâyat min jamî’il khairâti fil hayâti wa ba’dal mamât.

Artinya: 

“Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.”

Arti sholawat munjiyat adalah "Shalawat Penyelamat". Bacaan shalawat ini memiliki asal-usul yang terkait dengan pengalaman yang dialami oleh seorang 'arif.

Keutamaan Sholawat Munjiyat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sholawat Munjiyat memiliki keutamaan yang besar. Artinya bagi siapa saja yang melafalkannya, mereka berharap mendapatkan pertolongan dari Allah SWT.

Tidak hanya itu, Sholawat Munjiyat juga memiliki banyak karomah (keajaiban) yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Berikut adalah beberapa keutamaan dan manfaat Sholawat Munjiyat:

1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Dengan mengamalkan Sholawat Munjiyat, kita dapat mempererat hubungan spiritual dengan Allah SWT. Sholawat ini menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada-Nya dan meningkatkan keimanan serta taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Memuliakan nama Nabi Muhammad SAW

Sholawat Munjiyat merupakan bentuk penghormatan yang tinggi terhadap Nabi Muhammad SAW. Melalui sholawat ini, kita mengungkapkan kecintaan dan penghormatan kepada sosok Rasulullah yang mulia.

3. Meningkatkan iman dan taqwa

Dalam melafalkan Sholawat Munjiyat, kita menguatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Dengan merenungkan arti dan pesan sholawat ini, hati dan pikiran kita dipenuhi dengan kekuatan spiritual yang memperdalam hubungan kita dengan Tuhan.

4. Memohon pertolongan, perlindungan, dan keselamatan

Salah satu tujuan utama Sholawat Munjiyat yaitu meminta pertolongan, perlindungan, dan keselamatan dari Nabi Muhammad SAW. Kita berharap agar Allah SWT menjauhkan kita dari segala marabahaya, cobaan, keburukan, dan tindak kriminal yang mungkin mengancam kita.

Cara Mengamalkan Sholawat Munjiyat

Ada beberapa cara mengamalkan Shalawat Munjiyat yang bisa kita lakukan, antara lain:

1. Membaca Shalawat Munjiyat pada awal bacaan doa atau bacaan doa tahlil

Shalawat Munjiyat biasanya dibaca di awal doa-doa atau saat membaca doa tahlil. Dengan memulai doa dengan membaca Shalawat Munjiyat, kita mengharapkan agar doa kita segera dikabulkan oleh Allah SWT. Dengan izin-Nya, doa yang diawali dengan Shalawat Munjiyat terkenal akan segera terkabul.

2. Dibaca sebagai dzikir setelah shalat hajat

Shalawat Munjiyat juga dianjurkan untuk dibaca sebagai dzikir setelah shalat hajat. Dalam situasi ini, kita mengharapkan agar kebutuhan dan hajat kita segera terkabul dengan memohon pertolongan dari Allah SWT.

3. Menurut ijazah dari K.H. Ahmad Jauhari Umar Pasuruan

Ada ijazah yang diberikan oleh K.H. Ahmad Jauhari Umar Pasuruan untuk membaca Shalawat Munjiyat setelah menyelesaikan shalat fardhu. Ijazah tersebut mengajarkan bahwa dengan membaca Shalawat Munjiyat sekali setelah shalat fardhu, hajat kita akan diijabah oleh Allah SWT. 

Dianjurkan untuk membaca Shalawat Munjiyat sebanyak 100 kali atau 313 kali setiap hari untuk hajat yang tidak mendesak. Ini dilakukan sebagai bentuk amalan yang konsisten dan teratur. 

Namun, untuk hajat yang mendesak, disarankan membaca Shalawat Munjiyat sebanyak 100 kali selama 3-7 malam berturut-turut. Sebelumnya, disarankan juga untuk melaksanakan shalat hajat dan tawasul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper