Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bacaan Sholawat Ibrahimiyah Lengkap dengan Cara Mengamalkannya

Sholawat ibrahimiyah adalah salah satu shalawat populer dikalangan umat Islam. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Bacaan Sholawat Ibrahimiyah Lengkap dengan Cara Mengamalkannya/Freepik
Bacaan Sholawat Ibrahimiyah Lengkap dengan Cara Mengamalkannya/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Sholawat ibrahimiyah adalah sholawat paling populer dan sering dilantunkan umat Islam. Sholawat ini dibaca setiap salat, baik salat wajib maupun sunnah.

Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas seputar bacaan sholawat ibrahimiyah dan cara mengamalkannya. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Lafal Sholawat Ibrahimiyah dan Artinya

Setiap muslim pasti familiar dengan bacaan sholawat ini. Pasalnya, sholawat ini selalu dibaca saat tahiyat akhir. Mengutip dari jatim.nu.or.id, berikut ini lafal sholawat ibrahimiyah Arab, latin, dan artinya.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ 

Sholawat ibrahimiyah latin:

“Allahumma sholli'ala Muhammad, wa‘ala ali Muhammad, kama shollaita ala Ibrahim, wa'ala ali Ibrahim, innakahamidun majid. Allahummabarik‘ala Muhammad, wa‘ala ali Muhammad, kama barokta'ala Ibrahim, wa'ala ali Ibrahim, innakahamidunmajid.”

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

Alasan Nabi Muhammad bersanding dengan Nabi Ibrahim dalam Sholawat Ibrahimiyah

Dalam shalawat tersebut terdapat dua nama nabi yaitu Nabi Muhammad dan Nabi Ibrahim. Ternyata ada beberapa alasan mengapa dua nabi tersebut disandingkan. Berikut penjelasan selengkapnya.

  1. Nabi Ibrahim senantiasa berdoa untuk Nabi Muhammad menggunakan shalawat ini. Hal inilah yang membuat Allah menggerakan lisan umat Rasulullah agar menyebut nama Nabi Ibrahim sebagai bentuk balasan untuk Nabi Ibrahim.
  2. Nabi Ibrahim berdoa “ Ya Allah jadikanlah untukku sebutan yang baik pada umat terakhir, yakni umat Nabi Muhammad SAW”. Allah kemudian mengabulkan doa tersebut, sehingga dalam shalawat ibrahimiyah disebut nama Nabi Ibrahim setelah Nabi Muhammad.
  3. Nabi Ibrahim merupakan bapak dari aspek agama atau abu millah, sedangkan Nabi Muhammad adalah bapak dari faktor rahmat atau abu rahmah. Maka dari itu, umat Islam perlu menyebut keduanya setiap pujian dan salat.
  4. Nabi Ibrahim mengajak umatnya untuk berhaji, sedangkan Rasulullah mengajak kepada keimanan. Maka dari itu, Allah mengumpulkan keduanya dalam sebuah sebutan yang baik.

Keutamaan Sholawat Ibrahimiyah

Mengutip dari situs islam.nu.or.id, sholawat ibrahimiyah merupakan sholawat yang paling sempurnah shighatnya dibandingkan dengan shalawat lain. Hal tersebut dituturkan oleh Syekh Yusuf bin Islamin An-Nabhani.

Faktor kesempurnaannya itulah yang membuat para ulama menentukan shalawat ini untuk dibaca saat shalat. Hadits tentang shalawat ibrahimiyah juga sangat banyak, sehingga membuat redaksi sholawat ini berbeda0beda.

Redaksi yang telah diterangkan sebelumnya merupakan salah satu redaksi shalawat ibrahimiyah yang diriwayatkan oleh Imam Baihaqi.  Sementara itu, Imam Ahmad As-Shawi mengatakan dalam sebuah hadits riwayat Imam Bukhari, Rasulullah bersabda.

 من قال هذه الصلاة شهدت له يوم القيامة بالشهادة وشفعت له 

Artinya: “Barangsiapa yang membaca shalawat ini maka aku bersaksi baginya di hari kiamat dengan kesaksian dan aku memberi syafaat baginya.”

Para ulama juga menyebutkan bahwa membaca shalawat ibrahimiyah sebanyak seribu kali bisa membuat pembacanya dapat melihat Rasulullah SAW.  

Cara Mengamalkan Sholawat Ibrahimiyah

Selain memiliki keutamaan, pengamalan sholawat ini juga sangat mudah. Pasalnya, shalawat ibrahimiyah dibaca saat shalat. Dengan menjalankan salat, maka sudah pasti akan membaca shalawat ini. Jika mengamalkan sholawat ini, InsyaAllah akan mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT.

Itulah penjelasan seputar bacaan sholawat ibrahimiyah yang benar lengkap dengan cara mengamalkannya. Dengan mengamalkan shalawat tersebut, harapanya kita bisa mendapatkan kebaikan dan pahala dari Allah SWT. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper