Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suara Komeng 5,3 juta, Ganjar-Mahfud 2,8 Juta di Jawa Barat

Hasil rekapitulasi suara KPU menunjukkan bahwa perolehan suara Komeng di atas Ganjar-Mahfud di Jawa Barat.
Calon DPD Jawa Barat Alifiansyah Komeng
Calon DPD Jawa Barat Alifiansyah Komeng

Bisnis.com, JAKARTA — Calon senator yang juga komedian Alfiansyah alias Komeng memperoleh suara terbanyak di Jawa Barat. Komeng memperoleh suara sebanyak 5,3 juta suara. 

Suara Komeng lebih banyak dibandingkan dengan semua caleg maupun calon senator DPD lainnya. Di sisi lain, suara Komeng juga unggul dari pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang hanya memperoleh 2,8 juta suara di Jawa Barat.

Adapun KPU telah menyelesaikan rekapitulasi suara Jawa Barat pada hari ini Rabu (20/3/2024). Sementara KPUD Jawa Barat menyelesaikannya pada hari Senin malam kemarin.

Dilansir Antara, dalam rapat pleno tersebut, KPUD Jabar membacakan rekapitulasi hasil perolehan suara dari 54 calon anggota DPD untuk daerah pemilihan di Jawa Barat 

Hasilnya, Komeng memimpin daftar calon senator dengan suara terbanyak. Pesohor di dunia seni peran dan komedi ini meraih 5.399.699 suara. Perolehan suaranya disusul oleh Aanya Rina Casmayanti dengan 1.976.561 suara.

Posisi ketiga ditempati Jihan Fahira. Selebritas ini meraih 1.823.907 suara. Sementara itu, Agita Nurfianti melengkapi posisi keempat dengan perolehan 1.168.837 suara.

Dengan hanya empat nama yang berhak menjadi senator di Senayan, maka sejumlah nama lain tidak lolos meski meraih suara di atas satu juta.

Salah satunya adalah mantan Bupati Garut yang kontroversial Aceng Fikri. Dia tercatat meraih 1.128.912 suara. Selain itu, ada Amang Syarifudin yang meraih 1.108.516 suara.

"Sertifikat hasil rekapitulasi DPD ini dibuat dalam 56 rangkap dan ditandatangani oleh ketua dan anggota komisioner KPU Jawa Barat serta saksi calon perseorangan anggota DPD yang hadir. Saya nyatakan sah," kata Komisioner dan Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi Jawa Barat Ahmad Nur Hidayat dalam pengesahan hasil Pemilu 2024.

Suara Pilpres

Sebelumnya, KPU Provinsi Jawa Barat juga telah resmi mengumumkan hasil keseluruhan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024 dalam Rapat Pleno Rekapitulasi dan Hasil Pemilu 2024 di Jawa Barat, Senin (18/3/2024) malam.

Tercatat, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengungguli dua pasangan calon lainnya pada Pilpres 2024 yang diselenggarakan pada 14 Februari 2024 lalu.

KPU Jabar menyatakan pasangan nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat suara dengan jumlah akhir 9.099.674 suara Kemudian pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka mendapat 16.805.854 suara. Pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat 2.820.995 suara.

Dalam pembacaan yang dilakukan Anggota KPU Jabar Ahmad Nur Hidayat ini pun disebutkan total suara sah 28.726.523 suara, sebanyak 711.518 suara tidak sah, dan total suara keduanya 29.438.041.

Pembacaan ini dilakukan setelah KPU Jabar melakukan rapat rekapitulasi suara dari 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat sejak 6 Maret 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper