Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPU Jabar Tetapkan Komeng Jadi Pemenang dalam Perolehan Suara DPD di Jabar

Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Provinsi Jawa Barat, Alfiansyah Komeng meraih suara terbanyak pada Pemilu 2024 di Kabupaten Karawang.
Calon DPD Jawa Barat Alifiansyah Komeng
Calon DPD Jawa Barat Alifiansyah Komeng

Bisnis.com, JAKARTA - Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Provinsi Jawa Barat, Alfiansyah Komeng meraih suara terbanyak pada Pemilu 2024 di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Sesuai dengan pengumuman yang disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang, Selasa (19/3/2024), komedian Komeng meraih 284.624 suara yang tersebar dari 30 kecamatan sekitar Karawang.

Raihan suara Komeng itu jauh meninggalkan para pesaingnya, calon anggota DPD lain. Bahkan urutan suara terbanyak kedua hanya mencapai 127.405 suara yang diraih oleh Aanya Rina Casmayanti.

Selanjutnya suara terbanyak ketiga calon DPD RI di Karawang dicapai Jihan Fahira dengan raihan 81.663 suara, disusul calon DPD RI Agita Nurfianti dengan capaian perolehan suara sebanyak 72.125 suara.

Sementara tokoh masyarakat, akademisi yang juga tokoh aktivis di Karawang Sonny Hersona hanya meraih 23.456 suara di Karawang.

KPU Jawa Barat telah menetapkan calon senator DPD RI dari Provinsi Jawa Barat. Komeng menjadi pemenang dalam perolehan suara DPD di Jabar.

Hal tersebut dipastikan lewat pembacaan hasil rekapitulasi hasil suara dari 54 calon anggota DPD dari seluruh daerah pemilihan di Jawa Barat oleh Komisioner dan Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi Jawa Barat Ahmad Nur Hidayat di Gedung KPU Jabar, Bandung, Senin (18/3).

"Sertifikat hasil rekapitulasi DPD ini dibuat dalam 56 rangkap dan ditandatangani oleh ketua dan anggota komisioner KPU Jawa Barat serta saksi calon perseorangan anggota DPD yang hadir. Saya nyatakan sah," kata Ahmad.

Berdasarkan data yang diterima dari KPU Jabar, hasil rekapitulasi suara untuk DPD RI menempatkan Komeng sebagai calon senator dengan suara terbanyak yakni 5.399.699 suara, disusul oleh Aanya Rina Casmayanti dengan 1.976.561 suara, Jihan Fahira dengan 1.823.907 suara, dan Agita Nurfianti 1.168.837 suara.

Meski ada nama lainnya yang meraih suara di atas satu juta, tapi hanya empat nama yang berhak menjadi senator di Senayan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper