Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bacaan Ayat Kursi Lengkap, Arab, Latin dan Artinya, Serta Keistimewaanya

Berikut ini adalah bacaan ayat kursi lengkap teks Arab dan terjemahan.
Simak Bacaan Ayat Kursi Latin Arab dan Artinya Lengkap/Freepik
Simak Bacaan Ayat Kursi Latin Arab dan Artinya Lengkap/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Ayat Kursi merupakan ayat yang terdapat dalam Al-Quran yang memiliki keutamaan dan keistimewaan yang luar biasa adalah Ayat Kursi. Ayat ini merupakan ayat ke-255 dari surat Al-Baqarah yang memiliki kedalaman makna serta manfaat spiritual bagi umat Islam.

Dalam konteks keagamaan, bacaan Ayat Kursi dianggap sebagai salah satu ayat yang amat penting dan dianjurkan untuk dibaca dalam kehidupan sehari-hari. Dalam beberapa hadits yang diriwayatkan, Rasulullah Muhammad SAW juga memperlihatkan keutamaan dan keistimewaan ayat ini.

Bacaan Ayat Kursi, Arab, Latin, dan Terjemahan

اللهُ لُآ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ، لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ، لَهُ مَافِى ٱلسَّمَـٰوَ ٰ تِ وِمَافِى الْأَرْضِ، مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ

يَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ، وَلَايُحِيْطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَاشَآءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَـٰوَ ٰ تِ وَٱلْأَرْضِ، وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَاوَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

Artinya:

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Dia Yang Hidup kekal lagi selalu mengatur (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Dia Maha Pemilik segala hal yang ada di langit dan di bumi. Siapakah yang bisa memberi syafa’at di sisi-Nya tanpa izin-Nya? Allah mengetahui segala sesuatu yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apapun dari ilmu Allah kecuali telah dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS. Al-Baqarah: 255)

Keistimewaan Ayat Kursi

Al-Quran, wahyu ilahi yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, menjadi pedoman utama umat Islam di seluruh dunia. Dalam Al-Quran terdapat ayat-ayat yang memancarkan keistimewaan, makna mendalam, serta berbagai manfaat spiritual bagi umat manusia. Salah satu ayat yang memiliki keistimewaan luar biasa adalah Ayat Kursi, ayat ke-255 dalam surat Al-Baqarah.

  1. Ayat Teragung dalam Al-Quran

Ayat Kursi adalah salah satu ayat teragung yang terdapat dalam Al-Quran. Kisah Nabi Muhammad SAW menepuk dada Abu Mundzir dengan mengucapkan "اللّٰهُ لَآ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّمُ" menunjukkan keagungan dan keutamaan ayat ini. Rasulullah juga mendoakan Abu Mundzir agar diberi kemudahan ilmu setelah mendengar ayat tersebut.

  1. Induk dari Seluruh Ayat Al-Quran

Ayat Kursi dianggap sebagai induk atau inti dari seluruh ayat yang ada dalam Al-Quran. Kandungannya memuat esensi penting tentang keesaan dan kebesaran Allah SWT, menjadikannya landasan utama bagi pemahaman ajaran Islam.

  1. Perlindungan dan Kebaikan

Membaca Ayat Kursi dan tiga ayat pertama dari surat Al-Mu'min pada waktu tertentu memberikan perlindungan dari Allah SWT. Jika dibaca pada pagi hari, Allah menjaga pembaca hingga sore hari, dan jika dibaca pada sore hari, Allah menjaga pembaca hingga pagi. Membaca ayat ini menjelang tidur juga dijanjikan akan mendapatkan perlindungan Malaikat sehingga setan tidak dapat mendekatinya hingga pagi tiba.

  1. Akses ke Surga

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh An-Nasa'i, Rasulullah SAW menyatakan bahwa membaca Ayat Kursi tiap usai shalat wajib akan memastikan seseorang masuk surga asalkan belum datang waktu kematian.

Waktu Utama Membaca Ayat Kursi

Mengutip dari laman Rumaysho, berikut ini waktu utama untuk membaca ayat kursi:

  1. Sebelum tidur membaca ayat kursi sebelum tidur diyakini memberikan perlindungan dari Allah, menjauhkan setan, dan memastikan keamanan hingga pagi tiba. Hadis dari Abu Hurairah mengenai upaya setan mencuri harta zakat menjadi penjelasan akan manfaat membaca ayat kursi pada waktu ini. 

    دَعْنِى أُعَلِّمْكَ كَلِمَاتٍ يَنْفَعُكَ اللَّهُ بِهَا . قُلْتُ مَا هُوَ قَالَ إِذَا أَوَيْتَ إِلَى فِرَاشِكَ فَاقْرَأْ آيَةَ الْكُرْسِىِّ ( اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّومُ ) حَتَّى تَخْتِمَ الآيَةَ ، فَإِنَّكَ لَنْ يَزَالَ عَلَيْكَ مِنَ اللَّهِ حَافِظٌ وَلاَ يَقْرَبَنَّكَ شَيْطَانٌ حَتَّى تُصْبِحَ . فَخَلَّيْتُ سَبِيلَهُ فَأَصْبَحْتُ ، فَقَالَ لِى رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – « مَا فَعَلَ أَسِيرُكَ الْبَارِحَةَ » . قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ زَعَمَ أَنَّهُ يُعَلِّمُنِى كَلِمَاتٍ ، يَنْفَعُنِى اللَّهُ بِهَا ، فَخَلَّيْتُ سَبِيلَهُ . قَالَ « مَا هِىَ » . قُلْتُ قَالَ لِى إِذَا أَوَيْتَ إِلَى فِرَاشِكَ فَاقْرَأْ آيَةَ الْكُرْسِىِّ مِنْ أَوَّلِهَا حَتَّى تَخْتِمَ ( اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّومُ ) وَقَالَ لِى لَنْ يَزَالَ عَلَيْكَ مِنَ اللَّهِ حَافِظٌ وَلاَ يَقْرَبَكَ شَيْطَانٌ حَتَّى تُصْبِحَ ، وَكَانُوا أَحْرَصَ شَىْءٍ عَلَى الْخَيْرِ . فَقَالَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – « أَمَا إِنَّهُ قَدْ صَدَقَكَ وَهُوَ كَذُوبٌ ، تَعْلَمُ مَنْ تُخَاطِبُ مُنْذُ ثَلاَثِ لَيَالٍ يَا أَبَا هُرَيْرَةَ » . قَالَ لاَ . قَالَ « ذَاكَ شَيْطَانٌ »

    Abu Hurairah menjawab, “Wahai Rasulullah, ia mengaku bahwa ia mengajarkan suatu kalimat yang Allah beri manfaat padaku jika membacanya. Sehingga aku pun melepaskan dirinya.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa kalimat tersebut?” Abu Hurairah menjawab, “Ia mengatakan padaku, jika aku hendak pergi tidur di ranjang, hendaklah membaca ayat kursi hingga selesai yaitu bacaan ‘Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qoyyum’. Lalu ia mengatakan padaku bahwa Allah akan senantiasa menjagaku dan setan pun tidak akan mendekatimu hingga pagi hari. Dan para sahabat lebih semangat dalam melakukan kebaikan.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, “Adapun dia kala itu berkata benar, namun asalnya dia pendusta. Engkau tahu siapa yang bercakap denganmu sampai tiga malam itu, wahai Abu Hurairah?” “Tidak”, jawab Abu Hurairah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Dia adalah setan.” (HR. Bukhari no. 2311). 

  2. Setelah menunaikan shalat wajib membaca ayat kursi setelah menunaikan shalat wajib diyakini dapat menjadi penentu antara seseorang dengan surga, kecuali datangnya ajal. 

    مَنْ قَرَأَ آيَةَ الكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الجَنَّةِ اِلاَّ اَنْ يَمُوْتَ

    “Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” (HR. An-Nasai dalam Al Kubro 9: 44. Hadits ini dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, sebagaimana disebut oleh Ibnu Hajar dalam Bulughul Maram). Maksudnya, tidak ada yang menghalanginya masuk surga ketika mati.

    Intinya, ayat kursi punya keutamaan yang luar biasa sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut.

    عَنْ أُبَىِّ بْنِ كَعْبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « يَا أَبَا الْمُنْذِرِ أَتَدْرِى أَىُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ مَعَكَ أَعْظَمُ ». قَالَ قُلْتُ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ. قَالَ « يَا أَبَا الْمُنْذِرِ أَتَدْرِى أَىُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ مَعَكَ أَعْظَمُ ». قَالَ قُلْتُ اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّومُ. قَالَ فَضَرَبَ فِى صَدْرِى وَقَالَ « وَاللَّهِ لِيَهْنِكَ الْعِلْمُ أَبَا الْمُنْذِرِ »

    Dari Ubay bin Ka’ab, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wahai Abul Mundzir, ayat apa dari kitab Allah yang ada bersamamu yang paling agung?” Aku menjawab, “Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qayyum.” Lalu beliau memukul dadaku dan berkata, “Semoga engkau mudah memperoleh imu, wahai Abul Mundzir.” (HR. Muslim no. 810). 

  3. Pagi dan sore hari membaca ayat kursi pada waktu pagi dan sore juga dianggap mampu melindungi dari gangguan setan, sebagaimana yang dicatat dari riwayat Ubay bin Ka'ab mengenai jin yang mencuri kurma.

    إِذَا قَرَأَتْهَا غُدْوَةً أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُمْسِيَ ، وَإِذَا قَرَأَتْهَا حِيْنَ تُمْسِي أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُصْبِحَ

    “Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga petang. Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi hingga pagi.” (HR. Al Hakim 1: 562. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits tersebut dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 655) 

Setiap Muslim diajak untuk merenungkan, memahami, dan mengamalkan makna serta keistimewaan yang terkandung di dalam Al-Quran guna mendapatkan perlindungan, keberkahan dari sisi Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper