Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bacaan Ayat Kursi Lengkap, Beserta Arti dan Keutamaanya

Bacaan ayat kursi merupakan ayat dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 255 yang sering dijadikan doa dan berita islami. Berikut bacaan Surat Ayat Kursi lengkap
Bacaan Ayat Kursi Lengkap, Dengan Arti dan Keutamaannya/Antara-Saiful Bahri
Bacaan Ayat Kursi Lengkap, Dengan Arti dan Keutamaannya/Antara-Saiful Bahri

Bisnis.com, JAKARTA - Bacaan ayat kursi adalah Sebagian dari surat Al Baqarah ayat 255. Ayat ini memiliki banyak keutamaan Ketika dibaca di berbagai kesempatan, seperti termaktub dalam beberapa hadits. Sebuah atsar atau perkataan sahabat yang disandarkan kepada Nabi Muhammad menyatakan “ayat kursi diberikan kepada nabi-Mu dari tempat penyimpanan yang berada di bawah arsy dan tidak diberikan kepada seseorang pun sebelumnya”. Atsar ini disampaikan Ali dari Abu Ubaid.

Sementara itu, Syaikh bin Baz rahimahullah mengatakan, Ayat Kursi adalah ayat yang agung. Ayat ini memiliki keutamaan dalam kitab Allah dan mengandung unsur ketauhidan serta keikhlasan kepada Allah SWT. Dan, apabila ayat kursi dibaca setiap selesai shalat, maka orang yang membacanya akan terjaga dari kejahatan termasuk saat dibaca Ketika kita hendak tidur. 

Bacaan Ayat Kursi Arab dan Latin

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

“Allaahu laailaaha illa huwal hayyul qayyum. Laa ta’khudzuhu sinatuw walaa nauum. Lahuu maa fissamaawaati wamaa fil ardhi. Mangdzalladzii yasyfa’u ‘indahuu illai bi idznih. Ya’lamu maa baina aiydihiim wamaa kholfahum walaa yukhiituuna bisyayin min ‘ilmihii illaa bimaa syaaa a. wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardho. Walaa yauduhuu khifdhuhumaa wa huwal’aliyyul ‘adhiim". 


Artinya: Allah, tidak Tuhan melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk, dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada seorang pun yang dapat memberi syafaat di sisi Allah melainkan dengan seizin-Nya. Allah mengetahui semua apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya dan Allah mahatinggi dan mahabesar. (QS. Al-Baqarah:255)

Keutamaan Membaca Surat Ayat Kursi

1. Membuka Pintu Rezeki

Mereka yang mengamalkan ayat kursi setiap hari, maka Allah SWT akan membukakan pintu rezeki yang seluas-luasnya. Selain itu, membaca surat ayat kursi juga akan semakin memudahkan seseorang untuk memahami pengetahuan baru, hal ini tentu saja menjadikan salah satu pintu rezeki yang dihadirkan oleh Allah SWT agar manusia lebih mudah mendekati hal-hal yang baik serta menjauhi hal-hal yang buruk. 

2. Dikabulkan Seluruh Doanya 

Ayat kursi menjadi ayat paling agung di dalam Al-Quran. Maka dari itu, siapa pun yang membaca surat ayat kursi ini maka Allah akan mengabulkan segala doa-doanya. Hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan Ibnu Majah: 

“Asma Allah yang paling agung yang apabila dibaca dalam doa pasti dikabulkan ada dalam tiga tempat yaitu al-baqarah surat al-imron dan surat Thaha” (HR. Ibnu majah)

3. Sebagai Wasilah untuk Masuk Surga 

Ayat kursi sangat dianjurkan untuk dibaca setiap hari terutama setelah melaksanakan sholat fardhu. Salah satu alasannya yaitu Allah SWT akan memperkenankan umat muslim yang rajin mengamalkan ayat kursi untuk masuk surga. 

Dari Abu Umamah radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda “Barang siapa yang membaca ayat kursi setiap hari setiap selesai shalat wajib, maka tidak ada yang menghalanginya untuk masuk surga melainkan kematian” (HR. An Nasa'i)

4. Mendapat Penjagaan Allah di Waktu Tidur

Setiap orang yang membaca ayat kursi sebelum ia terlelap di malam hari, maka akan mendapatkan jaminan penjagaan dari Allah SWT. Setan atau jin tidak mampu menggodanya hingga ia terbangun. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu. Ia berkata: 

“Rasulullah menugaskan kepadaku untuk menjaga zakat di bulan Ramadhan. Kemudian seseorang datang kepadaku dan mencuri dari makanan (zakat)….”

Di akhir hadits, pencuri tersebut berkata:

“Bila engkau hendak tidur, maka bacalah ayat kursi karena penjagaan dari Allah akan terus Bersamamu dan setan tidak akan mendekatimu sampai subuh”. Kemudian nabi berkata: “dia telah berkata benar kepadamu, walau ia pendusta. Ia adalah setan” (HR al-Bukhari, 2311)

Itulah bacaan ayat kursi lengkap dengan keutamaannya bagi umat muslim selain sebagai doa, ayat ini juga dapat dijadikan dzikir sehari-hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper