Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Arti Syafakillah dan Syafakallah, dan Cara Menjawabnya

Syafakillah artinya semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu. Biasanya, diucapkan saat mendengar kabar orang sakit. Berikut penjelasan lengkapnya.
Syafakillah Artinya Doa untuk Orang Sakit, Ini Ulasan Lengkapnya/freepik
Syafakillah Artinya Doa untuk Orang Sakit, Ini Ulasan Lengkapnya/freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Tak jarang kita mendengar seseorang mengatakan “syafakillah”. Tentu saja kata tersebut terdengar asing di telinga kita karena bukan kata dalam Bahasa Indonesia. Lantas, apa syafakillah artinya dan jawabannya? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Arti Syafakillah dan Syafakallah

Syafakillah adalah kata dalam Bahasa Arab yang biasanya diucapkan untuk mendoakan orang yang sedang sakit. Selain diucapkan secara langsung, tulisan syafakillah atau شفاك الله juga biasanya kita jumpai pada pesan singkat dari seseorang yang mengetahui kondisi kesehatan orang lain sedang tidak baik-baik saja.

Adapun arti dari syafakillah yaitu “semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu”. Selain syafakillah, ada juga istilah “syafakallah”.

Sebenarnya syafakallah adalah kata yang juga digunakan untuk mendoakan kesembuhan seseorang yang sedang sakit. Arti syafakallah juga sama seperti syafakillah. Hanya saja, kata syafakallah digunakan untuk mendoakan laki-laki yang sedang sakit.

Jawaban Kalimat Syafakillah dan Syafakallah

Syafakillah dan syafakallah merupakan doa baik yang diucapkan umat muslim kepada saudaranya. Maka dari itu, jika kita mendapatkan doa tersebut alangkah baiknya kita turut membalas perkataan tersebut dengan kalimat yang baik. Berikut ini beberapa jawaban syafakillah dan syafakallah.

1. Amin Ya Allah

Arti dari kalimat tersebut yaitu “Kabulkanlah Ya Allah”. Kalimat tersebut dipilih karena syafakillah dan syafakallah artinya sebuah doa baik. Maka dari itu, kita perlu mengaminkannya.

2. Syukran

Syukron artinya terima kasih. Sebagai seseorang yang baru saya didoakan agar cepat sembuh, maka kita perlu berterima kasih kepada orang yang mendoakan.

3. Jazakumullahu khairan

Arti dari kalimat tersebut yaitu “Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan”. Setelah mendapatkan doa dari orang lain, alangkah baiknya jika kita turut mendoakan kebaikan untuk orang tersebut. Maka dari itu, kalimat jazakumullah khairan bisa menjadi pilihan jawaban yang tepat untuk kata syafakillah atau syafakallah.

Doa untuk Orang yang Sakit

Selain menggunakan kata syafakallah dan syafakillah, kita juga bisa mengucapkan beberapa doa yang secara khusus ditujukan untuk seseorang yang sedang sakit. Dikutip dari Islam.nu.or.id, berikut beberapa doa untuk seseorang yang sedang sakit.

Doa pertama

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا  

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.  

Artinya:

“Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan  rasa nyeri,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

Doa kedua

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ  

Imsahil ba’sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta.

Artinya:

“Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113). 

Doa Ketiga

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ  

As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka.  

Artinya:

“Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 114).

Doa Keempat

Lafal doa berikut ini dapat diucapkan sebagai alternatif dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Rasulullah SAW sendiri membacakan lafal berikut saat beliau menjenguk seorang Badui yang sedang menderita demam, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari melalui Ibnu Abbas RA:

لَا بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ

Lā ba’sa thahūrun insyā’allāhu.

Artinya, “(Semoga) tidak apa-apa (sakit), semoga suci dengan kehendak Allah,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115). 

Doa Kelima

Selain doa kesembuhan, kita juga dapat memohon ampunan dosa serta perlindungan bagi agama dan kesehatan mereka yang sedang sakit. Doa berikut ini dibacakan oleh Rasulullah SAW ketika beliau menjenguk sahabat Salman Al-Farisi RA, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ibnu Sunni:

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.

Artinya, “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115).

Itulah penjelasan terkait arti syafakillah, syafakallah, dan jawabannya. Selain itu, Anda juga dapat mempelajari beberapa doa untuk kesembuhan seseorang yang sedang sakit, seperti yang telah diterangkan sebelumnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper