Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Doa Iftitah Lengkap dengan Ketentuan dan Artinya

Doa iftitah adalah doa yang dibaca setelah takbiratul ihram. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.
5 Doa Iftitah Lengkap dengan Ketentuannya/freepik
5 Doa Iftitah Lengkap dengan Ketentuannya/freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Doa iftitah adalah doa yang dibaca saat shalat setelah takbiratul ihram. Doa ini berisi ungkapan pujian atas kebesaran Allah. Selain itu, doa ini juga berisi pengakuan kekurangan dan kelengahan manusia, sehingga membutuhkan perlindungan dan pengampunan dari Allah SWT.

Hukum doa ini sebenarnya sunnah, hanya saja arti doa iftitah yang mendalam membuat bacaan ini mempunyai banyak keutamaan. Adapun bacaan doa iftitah lengkap dengan artinya yang penting untuk dipelajari dan diamalkan, seperti berikut.

Doa Iftitah dan Artinya

Berdasarkan riwayat hadits, bacaan iftitah ternyata banyak bentuknya. Mengutip dari islam.nu.or.id, berikut ini bacaan doa iftitah beserta artinya.

1. Bacaan iftitah pertama

وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ حَنِيْفاً مُسْلِماً وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ إِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Arti doa iftitah:

"Kuhadapkan mukaku kepada Dzat yang menjadikan langit dan bumi dengan condong  dan berserah diri, dan aku bukanlah termasuk orang musyrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanya milik Allah Rabbil Alamin, tiada sekutu bagi-Nya. Demikianlah aku diperintah, dan aku termasuk orang Muslim."

2. Doa iftitah kedua

الْحَمْدُ لِلهِ حَمْداً كَثِيْراً طَيِّباً مُبَارَكاً فِيْهِ

3. Doa iftitah ketiga

اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْراً وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيْراً وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا

4. Bacaan iftitah keempat

 اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِيْ وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ، اللَّهُمَّ نَقِّنِيْ مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، اللَّهُمَّ غَسِّلْنِيْ مِنْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ.

Doa iftitah latin:

Alloohumma baa’id bainii wa baina khothooyaaya kamaa baa’adta bainal masyriqi wal maghrib. Alloohumma naqqinii minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danas. Alloohummaghsil khothooyaaya bil maa-i wats tsalji wal barod.

Artinya:

Ya Allah jauhkanlah aku dari dosa-dosaku sebagaimana Engkau jauhkan antara timur dan barat. Duhai Allah, bersihkanlah aku dari dosa-dosaku sebagaimana bersihnya pakaian putih dari kotoran. Ya Allah cucilah aku dari dosa-dosaku dengan air, salju dan embun.

5. Doa iftitah kelima

اللَّهُمَّ أَنْتَ الْمَلِكُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَنْتَ رَبِّيْ وَأَنَا عَبْدُكَ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ وَاعْتَرَفْتُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ ذُنُوْبِيْ جَمِيْعاً فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ وَاهْدِنِيْ لِأَحْسَنِ الْأَخْلَاقِ، لَا يَهْدِيْ لِأَحْسَنِهَا إِلَّا أَنْتَ، وَاصْرِفْ عَنِّيْ سَيِّئَهَا لَا يَصْرِفُ عَنِّيْ سَيِّئَهَا إِلَّا أَنْتَ، لَبَّيْكَ وَسَعْدَيْكَ، وَالْخَيْرُ كُلُّهُ فِيْ يَدَّيْكَ وَالشَّرُّ لَيْسَ إِلَيْكَ أَنَا بِكَ وَإِلَيْكَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ.

Ketentuan Membaca Doa Iftitah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa hukum membaca doa iftitah adalah sunnah. Hanya saja, terdapat beberapa ketentuan seputar kesunahan dari bacaan doa ini. Pasalnya, apabila terdapat salah satu syarat yang tidak terpenuhi, maka kesunahan bacaan doa ini menjad hilang. Melansir dari jatim.nu.or.id, berikut ini ketentuan membaca doa iftitah yang perlu dipahami.

1. Dibaca ketika salat selain salat jenazah. Meskipun salat jenazahnya dilakukan di atas kuburan atau salat gaib.

2. Waktunya cukup untuk menjalankan salat. Jika waktunya sempit, maka tidak diperbolehkan membaca doa iftitah bahwa harus menjalankan yang wajib saja.

3. Ketika Anda menjadi makmum, tidak khawatir ketinggalan sebagian surat Al-fatihah.

4. Ketika menjadi makmum, Anda tidak menemukan imam di selain posisi berdiri. Jika menjadi makmum masbuq dan melihat imam di posisi selain berdiri, misal ruku’ atau sujud, maka tidak disunahkan membaca iftitah. Akan tetapi, langsung menyusul posisi imam.

Demikian penjelasan seputar doa iftitah yang perlu dipahami. Banyaknya pilihan bacaan iftitah membuat Anda memiliki kelonggaran untuk memilih satu dari doa yang sudah disebutkan di atas. Pilihlah yang paling Anda pahami agar lebih mudah untuk mengamalkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper