Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keutamaan Puasa Daud, Manfaat, dan Tata Caranya

Puasa Daud adalah puasa sunnah yang dilakukan secara selang seling. Berikut keutamaan, manfaat, dan tata cara pelaksanaan puasa Daud.
Keutamaan Puasa Daud, Manfaat, dan Tata Caranya (freepik)
Keutamaan Puasa Daud, Manfaat, dan Tata Caranya (freepik)

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu ibadah sunnah yang bisa dilaksanakan oleh umat Islam yaitu puasa Daud. Perlu diketahui bahwa puasa Daud adalah puasa sunnah yang dilakukan selang-seling atau satu hari puasa dan satu hari tidak. 

Sudah banyak riwayat menyebutkan bahwa puasa Daud memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Apa saja keutamaan dan manfaat puasa Daud? Simak selengkapnya di bawah ini.

Keutamaan Puasa Daud

Terdapat beberapa keutamaan puasa Daud. Berikut penjelasan selengkapnya. 

1. Amalan yang sangat disukai Allah

Puasa Daud merupakan ibadah puasa sunnah yang paling disukai oleh Allah SWT. Dalam hadits riwayat Al-Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

an ahb alsyam al allh syam daod oahb alsla al allh sla daod aalyh alslam kan ynam nsf allyl oykom thlthh oynaman ahb alsyam al allh syam daod oahb alsla al allh sla daod aalyh alslam kan ynam nsf allyl oykom thlthh oynam sdsh okan ysom yoma oyftr yoma

“Puasa yang paling disukai di sisi Allah adalah puasa Daud, dan shalat yang paling disukai Allah adalah shalat Nabi Daud. Beliau biasa tidur di tengah malam dan bangun pada sepertiga malam terakhir dan beliau tidur lagi pada seperenam malam terakhir. Sedangkan beliau biasa berpuasa sehari dan berbuka sehari berikutnya”

2. Puasa sunnah yang paling utama

Puasa yang paling utama adalah puasa Daud. Dalam HR an-Nasa’i, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

afdl alsyam syam daod aalyh alslam kan ysom yoma oyftr yoma 

“Puasa yang paling utama adalah puasanya Nabi Daud ‘alaihissalam, ia berpuasa sehari dan berbuka (tidak berpuasa) sehari”

Imam al-Ghazali menjelaskan bahwa orang yang berpuasa setiap hari tidak akan merasa begitu berat karena sudah terbiasa setiap harinya, sedangkan puasa Daud dilakukan selang-seling sehingga syahwat akan naik turun dan kondisi tubuh tidak stabil karena satu hari puasa dan satu hari tidak (Al-Munawi, Faidhul Qadir Syarah Jami’ ash-Shaghir, juz 1, hal. 171).

Manfaat Puasa Daud

Berpuasa Daud ternyata bisa mendapatkan beberapa manfaat, seperti berikut:

1. Dimudahkan segala urusan

Nabi Daud melaksanakan puasa sunnah Daud dengan tujuan untuk mengharap keridhaan Allah atas seluruh kehidupannya. Ketika Allah sudah ridho, maka bukan tidak mungkin Allah akan mempermudah segala urusan. 

Ketika seseorang berpuasa Daud, sebaiknya memanfaatkan momen tersebut untuk berdoa dengan sungguh-sungguh karena doa tersebut dapat diijabah dengan mudah sesuai dengan kehendak Allah. 

2. Menjaga diri dari maksiat

Manfaat puasa Daud lainnya yaitu dapat menjaga diri dari maksiat. Ketika seseorang berpuasa Daud artinya seseorang tersebut senantiasa beribadah dan mengingat Allah. Oleh karena itu, setan tidak akan mampu membujuk manusia untuk bermaksiat seolah-olah manusia telah terbentengi. 

3. Menuntun diri untuk berakhlak baik

Salah satu manfaat puasa Daud dapat melatih akhlak baik, contohnya kesabaran. Ketika berpuasa, seseorang akan berusaha bersabar menunggu waktu berbuka. Begitu Pula ketika marah, orang berpuasa akan menahan amarahnya sehingga bisa ditahan dengan baik. 

4. Baik untuk kesehatan

Selain bernilai ibadah, puasa Daud juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, antara lain; 

  • Mampu menurunkan tekanan darah tinggi sehingga terhindar dari penyakit jantung.
  • Menurunkan berat badan karena menurunkan kadar insulin.
  • Meningkatkan pola hidup sehat.
  • Memperbaiki fungsi sel yang rusak .

Tata Cara Puasa Daud

Puasa Daud dilakukan dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahri. Adapun hari-hari yang dilarang puasa Daud yakni pada hari raya Idul Fitri (1 Syawal), hari raya Idul Adha (10 Dzulhijjah), hari tasyriq (11, 12, dan 13 Dzulhijjah), separuh terakhir dari bulan Sya’ban, dan hari yang diragukan (30 Sya’ban, saat orang telah membicarakan rukyatul hilal atau ada kesaksian orang melihat hilal yang tidak bisa diterima, seperti kesaksian seorang anak kecil).

Niat puasa nabi Daud perlu dilakukan pada malam hari, yakni sejak terbenamnya matahari sampai terbit fajar. Niatnya adalah sebagai berikut. 

noyt som daod sn llh taaal

Nawaitu shauma dâwuda lillahi ta’âlâ 

Artinya: “Saya berniat puasa Daud, sunnah karena Allah ta’ala.”

Namun, ketika seseorang lupa niat puasa nabi Daud di malam hari, maka masih boleh doa puasa Daud di siang harinya yakni dari pagi hari sampai sebelum dzuhur (tergelincirnya matahari), selagi belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa. Adapun lafaz niat puasa Daud lainnya, seperti berikut. 

noyt som htha alyom aan adaaa sn daod llh taaal

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnati dâwuda lillâhi ta‘âlâ. 

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Dawud hari ini karena Allah ta’ala.”

Itulah keutamaan, manfaat dan tata cara puasa Daud. Seseorang yang berpuasa Daud tidak hanya mendapatkan keridhaan Allah SWT, tetapi secara tidak langsung juga membawa dampak baik bagi kesehatan dan perilaku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper