Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

'Orang-orang' Jokowi di Panggung Pilkada 2024

Mengintip 'orang-orang' Jokowi di Pilkada 2024 di antaranya Bobby Nasution, Kaesang Pangarep, hingga Khofifah-Emil
Akbar Evandio,Surya Dua Artha Simanjuntak
Kamis, 20 Juni 2024 | 08:30
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers sebelum berangkat ke Australia dalam rangka menghadiri KTT ASEAN-Australia di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (4/3/2024). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers sebelum berangkat ke Australia dalam rangka menghadiri KTT ASEAN-Australia di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (4/3/2024). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA – Riuh terdengar Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali 'cawe-cawe' di Pemilihan Umum 2024 yakni di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak.

Terkini, Jokowi dikabarkan telah mengarahkan relawan untuk mendukung salah satu calon untuk maju dalam pemilihan gubernur alias Pilgub Jawa Tengah (Jateng).

Meskipun demikian, Jokowi menampik kabar tersebut dan menegaskan bahwa urusan nama bakal calon gubernur (cagub), sebaiknya ditanyakan langsung ke partai politik (parpol).

“Pilkada Jateng tanyakan ke partai politik. Ke parpol ya,” ujarnya kepada wartawan.

Berdasarkan catatan Bisnis, Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka di Pemilihan Presiden (Pilpres) berisikan parpol di lingkaran pemerintahan Jokowi di antaranya Gerindra, Golkar, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Walhasil, asumsi publik bahwa Jokowi terlibat - baik langsung maupun tidak langsung - dalam penentuan bakal calon kepala daerah yang diusung parpol KIM sangat mungkin terbentuk.

Apalagi, beberapa bakal calon kepala daerah yang telah resmi diusung parpol memiliki kedekatan dengan sang Presiden.

Lantas, siapa saja 'orang-orang' Jokowi yang telah atau berpeluang maju di Pilkada 2024?

1. Sumatra Utara

Partai Golkar resmi mengusung menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution maju sebagai bakal calon gubernur Sumatra Utara (Sumut) 2024.

Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di kediamannya, Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan pada Rabu (19/6/2024) sore.

"Partai Golkar sudah bulat untuk Sumut, kelihatannya juga hampir sebagian besar partai akan bergabung sehingga dengan kekuatan yang ada dan berdasarkan hasil survei yang dimiliki Partai Golkar, insyaallah yang didukung Golkar ini [Bobby] posisinya unggul," ujar Airlangga.

'Orang-orang' Jokowi di Panggung Pilkada 2024

Bobby Nasution / JIBI

Pada kesempatan itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menyerahkan secara langsung surat tugas kepada Bobby di depan awak media. Airlangga mengatakan keputusan itu diambil usai mendengarkan rekomendasi oleh Ketua DPD Golkar Sumut Musa Rajekshah alias Ijeck.

Lebih lanjut, Airlangga menyatakan surat rekomendasi baru akan diserahkan kepada Bobby usai ada bakal calon wakil gubernurnya. Menurutnya, Golkar akan menyerahkan sepenuhnya ke Bobby ihwal penentuan wakilnya. 

Sementara itu, Bobby mengaku bersyukur atas kepercayaan diberikan Golkar kepada dirinya. Dia merasa dukungan Golkar akan jadi penyemangatnya hadapi kontestasi Pilkada Sumut 2024.

"Alhamdulillah sore ini tadi diberikan surat tugas oleh bapak ketum [Airlangga] yang tadi disampaikan akan diberikan surat rekomendasi apabila sudah ada calon wakil gubernurnya," kata Bobby pada kesempatan yang sama.

2. DKI Jakarta

Nama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep kian melambung usai beberapa parpol memberikan sinyal dukungan di Pilkada 2024. 

Putra bungsu Jokowi ini santer disebut akan dimajukan sebagai calon kepala daerah, salah satunya di DKI Jakarta. Salah satunya oleh Partai Gerindra.

'Orang-orang' Jokowi di Panggung Pilkada 2024

Kaesang Pangarep / JIBI

Meskipun demikian, Kaesang belum memutuskan untuk maju Pilkada dan meminta seluruh pihak agar menanti hingga waktu pendaftaran pasangan calon kepala daerah pada Agustus mendatang.

“Kalau ditanya saya maju atau tidak, tunggu kejutannya di bulan Agustus,” katanya kepada wartawan di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2024).

Berdasarkan catatan Bisnis, Kaesang dinilai layak untuk menjadi wakil gubernur DKI Jakarta mendampingi Anies Baswedan atau Ridwan Kamil. 

Sementara itu, eks Gubernur Jawa Barat sekaligus kader Golkar, Ridwan Kamil juga digadang maju menjadi lawan sepadan bagi Anies di Jakarta. 

3. Jawa Tengah

Dilansir Antara, beberapa sosok mulai muncul meramaikan bursa calon gubernur dan wakil gubernur Jateng. Salah satunya Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Sudaryono yang baliho dan spanduknya banyak terpasang di sejumlah daerah, termasuk di Kota Semarang.

Bahkan, ada pula yang memasangkan Sudaryono sebagai calon gubernur dengan K.H. Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) sebagai calon wakil gubernur.

Selain itu, beberapa tokoh lain juga turut meramaikan kontestasi Pilkada Jateng 2024, seperti Kapolda Jateng Irjen Polisi Ahmad Luthfi, Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin), Bupati Kendal Dico Ganinduto, hingga pesohor Raffi Ahmad.

4. Jawa Timur

Sejumlah parpol KIM yakni Gerindra, Golkar, PAN, hingga PSI resmi mengusung duet Khofifah Indar Parawansa dan Emil dardak sebagai bakal calon kepala daerah di Pilkada Jatim 2024.

'Orang-orang' Jokowi di Panggung Pilkada 2024

Khofifah Indar Parawansa (jilbab merah) / Bisnis

Bisnis mencatat, hingga saat ini belum ada lawan politik KIM yang mengusung paslon lain sebagai lawan sepadan Khofifah-Emil

Hanya PDIP yang sudah membeberkan sejumlah nama yang berpeluang diusung, salah satunya adalah Tri Rismaharini. Meskipun demikian, partai besutan Megawati Soekarnoputri ini belum memutuskan nama yang akan diusung di Pilkada Jatim.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper