Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Soal Peluang Kaesang Maju Pilgub Jakarta: Tanya ke yang Punya Nama

Presiden Jokowi merespons terkait peluang dari putra bungsunya Kaesang Pangarep maju dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta.
Presiden Joko Widodo (jaket hitam) dan Ketua Umum PSI Kaesang (tengah) di Braga, Bandung, Sabtu (3/2/2024)./Doc. PSI
Presiden Joko Widodo (jaket hitam) dan Ketua Umum PSI Kaesang (tengah) di Braga, Bandung, Sabtu (3/2/2024)./Doc. PSI

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons terkait peluang dari putra bungsunya Kaesang Pangareb maju dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

Ayah Gibran Rakabuming Raka itu hanya menjawab singkat. Ia meminta para awak media supaya menanyakannya kepada Kaesang secara langsung. 

Hal ini disampaikannya usai menghadiri agenda Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-52 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Grand Ballroom Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (10/6/2024).

“Tanyakan kepada yang mempunyai nama, Kaesang Pangarep,” tandas Jokowi.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengatakan baru memberikan kejutan terkait dengan keputusan maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada Agustus.

Kaesang menuturkan, akan ada kejutan tentang maju atau tidak dirinya pada Pilkada Jakarta 2024.

"Kan sudah saya sampaikan, tunggu kejutannya nanti pada Agustus," ujar Kaesang seperti dilansir Antara, Jumat (7/6/2024).

Putra bungsu Presiden Jokowi itu pun meminta semua pihak untuk bersabar karena pendaftaran pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur melalui jalur partai politik akan dimulai pada 27 sampai 29 Agustus 2024.

"Masih lama pendaftarannya, Agustus, akhir Agustus kan. Sabar," katanya.

Sebelumnya, adik wakil presiden terpilih 2024–2029 Gibran Rakabuming Raka itu mengatakan dirinya memang berpeluang untuk maju dalam Pilkada usai putusan Mahkamah Agung yang membatalkan syarat usia minimal calon kepala daerah. Dia mengaku tidak mengetahui bagaimana proses penyesuaian hal tersebut dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

Namun demikian, keponakan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman itu menilai bahwa PSI seyogianya dapat mencalonkan nama gubernur maupun wakil gubernur, mengingat ada 8 kursi yang dimiliki partainya di DPRD DKI.

“PSI sendiri ada 8 kursi di DKI. Jadi kalau kita lihat, sewajarnya PSI bisa mencalonkan gubernur maupun wakil gubernur, walaupun nanti harus berkoalisi dengan partai yang lain,” tandas Kaesang.

Mencuatnya nama Kaesang dalam Pilkada DKI Jakarta 2024 lantaran unggahan media sosial yang dibagikan oleh Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Raffi Ahmad.

Dalam unggahan tersebut menampilkan poster Budisatrio Djiwandono berpasangan dengan Kaesang untuk Pilkada Jakarta 2024.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper