Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemakaman Presiden Iran, Jenazah Ebrahim Raisi akan Diterbangkan ke Qom

Jenazah mendiang Presiden Iran Ebrahim Raisi akan diterbangkan ke Kota Qom, Iran bagian tengah, pada hari ini, Rabu (22/5/2024).
Ebrahim Raisi./Istimewa
Ebrahim Raisi./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Jenazah mendiang Presiden Iran Ebrahim Raisi akan diterbangkan ke Kota Qom, Iran bagian tengah, pada hari ini, Rabu (22/5/2024).

Dilansir Antara, prosesi pemakaman mendiang Presiden Iran Ebrahim Raisi dan pejabat lainnya yang tewas dalam kecelakaan helikopter, telah dimulai di Kota Tabriz, barat laut Iran, kemarin Selasa (21/4/2024).

Puluhan ribu warga Iran, termasuk pejabat senior dan komandan militer, berkumpul di Lapangan Martir di kota itu untuk menyaksikan upacara pemakaman mendiang presiden negara itu dan pejabat lain yang tewas dalam insiden tersebut.

Pada hari ini, Jenazah Raisi dan pejabat lainnya akan diterbangkan ke Kota Qom yang merupakan salah satu tempat suci dan pesantren keagamaan tempat Raisi belajar.

Setelah upacara kedua di Qom, jenazah para petinggi pemerintah itu akan dibawa ke Ibu Kota Teheran. Di situ, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dijadwalkan akan memimpin salat jenazah berjamaah bagi mereka.

Pada Kamis (23/5/2024), jenazah Raisi rencananya akan dibawa ke kampung halamannya di Masyhad untuk dimakamkan di tempat suci Imam Reza.

Raisi, presiden ke-8 Iran sejak Revolusi Islam 1979, menjabat sebagai penjaga tempat suci Imam Reza selama beberapa tahun sebelum menjadi kepala kehakiman negara itu pada 2019 kemudian menjadi presiden pada 2021.

Seperti diketahui, Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian, dan pejabat tinggi lainnya dinyatakan tewas pada Senin pagi (20/5/2024) setelah operasi pencarian sepanjang malam terhambat oleh cuaca buruk. 

Puluhan tim penyelamat darurat dikerahkan ke daerah pegunungan di Provinsi Azerbaijan Timur, Iran, tempat kecelakaan itu terjadi Minggu sore (19/5/2024).

Menurut Konstitusi Iran, Wakil Presiden Pertama Mohammad Mokhber akan mengambil alih kekuasaan kepresidenan sampai pemilu baru diadakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper