Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUT Ke-51 PDIP: Jokowi Tak Diundang, Ma'ruf Amin Diundang

Jokowi mengaku tidak diundang dalam HUT ke 51 PDIP. Sebaliknya, Ma'ruf Amin akan datang karena diundang.
Presiden Joko Widodo memberikan kata sambutan saat acara peringatan HUT ke-50 PDIP di Jakarta, Selasa (10/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P
Presiden Joko Widodo memberikan kata sambutan saat acara peringatan HUT ke-50 PDIP di Jakarta, Selasa (10/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menggelar puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada pada hari ini, Rabu (10/1/2024).

Namun demikian, salah satu kadernya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) absen untuk yang pertama kalinya.

Jokowi memilih melawat ke beberapa negara Asean mulai 9—14 Januari 2024. Alhasil, isu tidak hadirnya Jokowi dalam HUT PDIP kali dikaitkan dengan hubungan Jokowi dan Megawati yang pasang surut sejak tahun lalu.

Alasannya, pasang surut terjadi atas dampak manuver keluarga Jokowi yang puncaknya terjadi ketika Gibran Rakabuming Raka maju di pemilihan presiden (pilpres) 2024 setelah merevisi putusan batas minimal usia capres dan cawapres.

Kemudian, si putra bungsu Kaesang Pangarep yang menjadi Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) setelah dua hari menjadi anggota partai berlogo mawar merah itu dan dirinya langsung mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo-Gibran.

Meski begitu, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana pun membantah dan memastikan meskipun Presiden Joko Widodo (Jokowi) absen menghadiri HUT Ke-51 PDIP tetapi hubungannya dengan parpol tersebut baik-baik saja.

“Komunikasi tetap baguslah dengan semua tokoh politik dengan semua tokoh partai. Komunikasi presiden bagus sekali,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (10/1/2024).

Lebih lanjut, Ari mengatakan bahwa melalui sikap orang nomor satu di Indonesia tersebut yang selalu mengedepankan komunikasi yang baik, maka suasana politik di Tanah Air tetap sehat.

Bahkan, dia berharap agar demokrasi Indonesia juga makin berkualitas dan berjalan dengan damai dengan tidak ada ketegangan di antara setiap elitnya.

“Elitnya saja berkomunikasi dengan baik rakyatnya pasti komunikasinya jauh lebih baik,” imbuhnya.

Di sisi lain, Ari memastikan bahwa memang undangan dari partai berlogo moncong banteng tersebut memang belum diterima oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg).

"Sebenarnya ada atau nggak [surat undangan] sampai saat ini memang belum diterima oleh Kementerian Sekretariat Negara," ucapnya.

Ari pun menegaskan bahwa Jokowi tak ada niatan sedikit pun untuk absen dalam HUT Ke-51 tersebut, sebab jadwal kunjungan kenegaraannya ke tiga negara di Asia Tenggara (Asean), yaitu Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam sudah terjadwal sejak lama.

“Karena ini juga sudah rencana yang dirancang lama beberapa bulan lalu sudah melibatkan Kementerian Luar Negeri dan dua negara tentang kunjungan negara ke tiga negara ini,” pungkas Ari.

Ma'ruf Amin Diundang

Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin memastikan akan menghadiri perayaan HUT Ke-51 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Rabu (10/1/2024) ini.

Orang nomor dua di Indonesia itu mengatakan bahwa kehadirannya tersebut lantaran harus menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tengah melaksanakan kunjungan kenegaraan selama sepekan.

“Saya diundang dan Pak Presiden pergi ke luar Negeri, ya mungkin terpaksa saya harus hadir mewakili pemerintah untuk hadir ke undangan itu. saya kira itu, mudah-mudahan [hadir] kalau tidak ada halangan,” ujarnya di Pendopo Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Selasa (9/1/2023).

Sebelumnya, Jokowi pun membantah kabar tentang dirinya menghindari acara puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 51 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Jokowi berdalih bahwa belum mendapatkan undangan perayaan HUT PDIP pada Rabu (10/1/2024) mendatang.

“[Saya] belum mendapatkan undangan,” ujar Jokowi usai meresmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor, Kota Depok, Senin (8/1/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper