Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Terbaru Produk Pro Israel yang Kena Seruan Boikot Internasional

Hingga Rabu, 13 Desember 2023, daftar produk Israel yang kena seruan boikot internasional belum berubah.
Bendera Israel terlihat di dekat Dome of the Rock, yang terletak di Kota Tua Yerusalem./Reuters
Bendera Israel terlihat di dekat Dome of the Rock, yang terletak di Kota Tua Yerusalem./Reuters

Daftar lain menurut BDS Movement

Sasaran Divestasi

10. Elbit Systems

Elbit Systems adalah perusahaan senjata apartheid terbesar di Israel. Mereka “menguji lapangan” senjatanya terhadap warga Palestina, termasuk dalam perang genosida Israel yang sedang berlangsung terhadap warga Palestina di Gaza. 

Selain membuat drone pembunuh, Elbit juga membuat teknologi pengawasan terhadap tembok apartheid Israel, pos pemeriksaan dan pagar Gaza, sehingga memungkinkan terjadinya apartheid. 

AS dan UE menggunakan teknologi Elbit untuk memiliterisasi perbatasan mereka, sehingga melanggar hak-hak pengungsi dan masyarakat adat.

11. Hyundai/Volvo/CAT/JCB

Dari HD Hyundai (Korea Selatan), Volvo (Swedia/Tiongkok), CAT (AS), dan JCB (Inggris) telah digunakan oleh Israel dalam pembersihan etnis dan pemindahan paksa warga Palestina melalui penghancuran rumah, lahan pertanian, dan bisnis mereka, serta pembangunan pemukiman ilegal di tanah yang dicuri dari mereka, merupakan kejahatan perang menurut hukum internasional.

12. Barclays

Barclays Bank (Inggris) memiliki lebih dari £1 miliar saham, dan memberikan lebih dari £3 miliar pinjaman dan penjaminan kepada sembilan perusahaan yang senjata, komponen, dan teknologi militernya telah digunakan dalam kekerasan bersenjata Israel terhadap warga Palestina.

13. Perusahaan transportasi CAF

Basque, CAF, membangun dan melayani Jerusalem Light Rail (JLR), jalur trem yang melayani pemukiman ilegal Israel di Yerusalem. CAF mendapat keuntungan dari kejahatan perang Israel di tanah Palestina yang dicuri.

14. Chevron

Perusahaan multinasional bahan bakar fosil AS Chevron adalah perusahaan internasional utama yang mengekstraksi gas yang diklaim oleh apartheid Israel di Mediterania Timur. 

Chevron menghasilkan pendapatan miliaran dolar, memperkuat sistem perang dan apartheid Israel, serta memperburuk krisis iklim.

15. HikVision

Amnesty International telah mendokumentasikan kamera CCTV resolusi tinggi yang dibuat oleh perusahaan Tiongkok Hikvision yang dipasang di daerah pemukiman dan dipasang pada infrastruktur militer Israel untuk pengawasan terhadap warga Palestina. 

Beberapa model ini, menurut bagian pemasaran Hikvision sendiri, dapat dihubungkan ke perangkat lunak pengenalan wajah eksternal.

16. TKH

Amnesty International telah mengidentifikasi kamera yang dibuat oleh perusahaan Belanda TKH Security yang digunakan oleh Israel untuk pengawasan terhadap warga Palestina. 

TKH memberi polisi Israel teknologi pengawasan yang digunakan untuk memperkuat apartheid. 

17. McDonald's (AS)

18. Burger King (AS)

19. Papa John's (AS)

20. Pizza Hut (AS)

21. WIX (Israel),

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper