Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Bertemu Putin Akhir Bulan Ini, Mahfud: Hanya Pertemuan Biasa

Menkopolhukam Mahfud MD membenarkan informasi terkait rencana pertemuan Jokowi dan Putin, sekaligus mengingatkan masyarakat untuk tidak cepat berasumsi.
Menko Polhukam Mohammad Mahfud MD./Antara
Menko Polhukam Mohammad Mahfud MD./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD membenarkan informasi terkait dengan rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin pada 30 Juni 2022.

"Ya, itu agenda Presiden," ujar Mahfud kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Kendati demikiran, Mahfud meminta masyarakat untuk tidak membuat asumsi sendiri terkait pertemuan yang belum berlangsung tersebut.

"Lagi pula [kedua Presiden] hanya mau bertemu. Saya kira apa masalahnya?” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) juga membenarkan bahwa Presiden Jokowi akan melakukan lawatan ke sejumlah negara yang memiliki keterkaitan dengan krisis pangan akibat perang antara Rusia dan Ukraina.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah menyampaikan bahwa kunjungan kenegaraan tersebut akan dilakukan Jokowi usai menghadiri pertemuan kelompok 7 (G-7) pada 26-28 Juni 2022 di Jerman.

“Benar, Presiden merencanakan untuk mengunjungi beberapa negara lain setelah dari Jerman, tetapi belum bisa dikonfirmasi negara mana saja karena segala sesuatunya masih berproses,” katanya kepada Bisnis.

Namun, Faizasyah belum bisa memastikan apakah pertemuan dengan Presiden Putin termasuk dalam agenda Jokowi tersebut.

Kabar pertemuan dua kepala negara tersebut pertama kali disampaikan oleh media Rusia TASS pada Selasa, 14 Juni 2022. Sumber Kremlin menyebutkan bahwa Presiden Putin akan bertemu dengan mitranya dari Indonesia yakni Presiden Jokowi di Moskow pada 30 Juni 2022.

"Ini akan menjadi kunjungan yang sangat penting. Kami sedang mempersiapkannya sekarang. Presiden Joko Widodo dari Indonesia akan mengunjungi Moskow pada 30 Juni," ujar sumber Kremlin dikutip dari TASS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper