Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Penjelasan Anies Soal Surat Permohonan Karantina Wilayah ke Jokowi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui bahwa pihaknya telah mengajukan surat permohonan karantina wilayah Ibu Kota ke Presiden Joko Widodo. Ada beberapa sektor yang diusulkan tetap berkegiatan.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 30 Maret 2020  |  18:37 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama tokoh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DKI Jakarta memberikan pernyataan mengenai imbauan ibadah bersama di tengah Virus Corona COVID-19, Balai Kota Jakarta, Kamis (19/3/2020). (Antara - Ricky Prayoga)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama tokoh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DKI Jakarta memberikan pernyataan mengenai imbauan ibadah bersama di tengah Virus Corona COVID-19, Balai Kota Jakarta, Kamis (19/3/2020). (Antara - Ricky Prayoga)

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengakui bahwa pihaknya telah mengajukan surat permohonan karantina wilayah Ibu Kota ke Presiden Joko Widodo.

"Keputusan mengenai karantina wilayah itu ada di kewenangan pemerintah pusat. Kami di DKI Jakarta memang mengusulkan itu. Kami menyampaikan surat terkait dengan itu, dan di dalam usulan kami [Pemprov DKI], menyebutkan beberapa sektor yang harus tetap bisa berkegiatan," jelas Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (30/3/2020).

Anies menjelaskan ada lima sektor yang diusulkan tetap berjalan apabila pemerintah pusat memutuskan adanya karantina wilayah DKI Jakarta. Kelima sektor itu adalah energi, pangan, kesehatann, komunikasi, dan keuangan.

"Tentu akan ada sektor-sektor esensial lain. Intinya ini contoh saja, tapi tidak terbatas lima. Yang pasti kebutuhan pokok tetap harus bisa berkegiatan seperti semula," jelasnya.

Namun demikian, Anies mengaku telah menyiapkan semua skenario terkait apa pun yang akan menjadi keputusan pemerintah pusat. Di antaranya, distribusi logistik sampai masyarakat dan pembatasan transportasi jarak jauh keluar-masuk Jakarta.

"Kita menyiapkan untuk semua langkah. Karena seperti kita ketahui, tadi bapak presiden memberikan arahan terkait pembatasan sosial berskala besar, dan itu sesuai dengan Undang-undang No 6/2018 tentang kekarantinaan kesehatan pembatasan sosial skala besar. Jakarta selama dua pekan ini sudah melaksanakan," tutupnya.

Di antaranya membatasi kegiatan ibadah yang berbentuk pengumpulan umat, membatasi jam operasional transportasi, membatasi kegiatan perkantoran lewat imbauan work from home, meniadakan KBM tatap muka di seluruh sekolah, menutup tempat hiburan dan rekreasi, serta mereview seluruh perizinan acara yang berpotensi mengundang kerumunan massa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi anies baswedan Virus Corona
Editor : Andya Dhyaksa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top