Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Universitas yang Tolak Rocky Gerung sebagai Pembicara

Sebelum Unair, ada beberapa universitas di Indonesia yang juga menolak kedatangan Rocky Gerung sebagai pembicara. Apa saja.
Rocky Gerung
Rocky Gerung

Bisnis.com, SOLO - Sebuah video viral di media sosial. Video tersebut memperlihatkan momen saat Rocky Gerung ditolak kampus Unair saat hendak menjadi pembicara di sebuah talkshow yang diadakan oleh mahasiswa kampus tersebut.

Dalam video yang viral, Rocky Gerung tampak sudah siap menyampaikan materi. Namun ketika hendak masuk ke aula acara, pintu ditutup dan panitia memberikan informasi jika pihak kampus menolak Rocky Gerung.

Alhasil, filsuf dan akademisi itupun putar badan dan meninggalkan lokasi acara sembari meminta maaf kepada peserta yang telah hadir.

Ini bukan kali pertama Rocky Gerung mendapatkan penolakan dari kampus dalam negeri.

Empat tahun lalu, Rocky juga pernah ditolak oleh pihak kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa. Penolakan tersebut terjadi pada 14 Oktober 2019.

Pihak kampus mengklaim bahwa Rocky kerap melontarkan kalimat-kalimat yang memancing reaksi meluas sehingga kedatangannya ke acara kampus dikhawatirkan akan menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

"Kita banyak masukan dari masyarakat pro dan kontra. Sehingga takut-takut ada masyarakat yang tidak mengizinkan," kata Rektor IAIN Langsa, Basri Ibrahim kala itu.

Kemudian pada 16 September 2022, Rocky Gerung juga ditolak oleh pihak kampus Universitas Mataram. 

Ketua Panitia Acara Seminar Nasional dari UKM PIB Unram Naufal Dzulkifli mengatakan sangat kecewa dengan sikap Unram yang menolak kedatangan Rocky Gerung.

"Awalnya tadi pas meminta disposisi peminjaman tempat dan izin, acara malah ditolak karena ada Pak Rocky Gerung oleh bawahan WR III Unram," kata Nuafal.

Alasan pihak Unram membatalkan acara adalah karena dua hal, pertama karena padatnya jadwal ujian Unram dan yang kedua karena narasumbernya adalah Rocky Gerung yang sering melontarkan statment kontroversial.

Ditolak di Universitas tapi bukan oleh pihak kampus

Rocky Gerung juga pernah batal mengisi acara di universitas karena ditolak organisasi atau pihak dari luar kampus.

Pada 1 Agustus 2023 kemarin, Rocky bukan hanya dijadwalkan mengisi acara di Unair tapi juga di Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang

Akan tetapi kedatangan Rocky Gerung ke Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang, Jawa Timur mendapat penolakan dari dua organisasi berbeda.

Pada tahun 2019, kejadian yang serupa terjadi di Unmuh Jember. Saat itu, kedatangan Rokcy Gerung juga ditolak warga. Padahal pihak kampus sendiri telah mengizinkan akademisi tersebut datang ke acara mahasiswanya.

Wakil Rektor 3 Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember Asmuji mengatakan bahwa  acara yang dihadiri Rocky merupakan acara akademisi bukan politik.

Sebelumnya, Rocky Gerung pernah mengisi acara serupa di Unmuh. Jadi menurut Asmuji, tidak ada alasan untuk membatalkan kehadiran Rocky dalam acara Kuliah Umum bertema 'Menakar Demokrasi Dengan Akal Sehat' kala itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper