Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Manasuka Bahasa Kritik ala Rocky Gerung

Rocky Gerung beberapa kali membuat geger lantaran pemilihan diksinya yang dianggap kasar.
Rocky Gerung
Rocky Gerung

Bisnis.com, SOLO - Rocky Gerung beberapa kali membuat geger lantaran pemilihan diksinya kala mengkritik pemerintah, terutama Jokowi, yang dianggap kasar. Sebelum ini, Rocky pernah menyebut kitab suci sebagai fiksi.

Akan tetapi dengan penjelasan lengkap, Rocky mengatakan jika diksi "fiksi" yang dia gunakan adalah untuk membangkitkan imajinasi seseorang.

Kemudian yang terbaru, filsuf dan akademisi tersebut menyebut dua kata umpatan kepada Jokowi yakni tolol dan bajingan. Lagi-lagi, Rocky punya penjelasan masuk akal tentang hal tersebut.

Jelas, pernyataan Rocky dalam acara buruh di Bekasi akhir Juli 2023 kemarin itu memantik emosi dari para pendukung Jokowi. Beberapa di antaranya bahkan melaporkan Rocky Gerung ke polisi.

"Kami melaporkan sekaligus juga melaporkan penyebar video tersebut," ucap Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu, Lisman Hasibuan, Selasa 1 Agustus 2023.

Pelapor mengatakan bahwa Rocky Gerung telah melanggar Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. 

Bahasa Arbitrer dan Manasuka Rocky Gerung

Rocky Gerung kemudian menjelaskan duduk perkara bagaimana dirinya bisa melontarkan dua kata umpatan kepada Presiden RI itu. Sebab menurutnya, itu adalah kata yang paling efisien untuk menggambarkan "dosa" Jokowi.

"Supaya buruhnya semangat, saya tunjukan fakta bahwa Presiden Jokowi itu harus bertanggung jawab terhadap Omnibus Law, dia takut untuk berdebat. Omnibus Law itu sudah dibatalkan di Makamah Konstitusi tapi dijadikan Perpu. Perpu sama dengan Undang-Undang. Itu kan namnya berdusta."

"Kemudian viral saya ucapkan bajingan itu. Itu forum politik di mana orang bisa memilih kalimat, supaya itu efektif kan," lanjut Rocky Gerung.

Akdemisi tersebut juga mengatakan bahwa kalimat umpatan kasar kerap digunakan oleh sejumlah politikus dunia, termasuk AS agar orasi yang dilakukan efisien.

Rocky juga memberikan penjelasan arti kata Bajingan di era kerajaan Mataram. Menurut penelitian, Bajingan merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut untuk orang yang menarik gerobak.

Konteks dan Hukuman...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper