Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inggris Kirim Lebih dari 300 Kendaraan Lapis Baja ke Ukraina

Inggris telah mengirimkan lebih dari 300 kendaraan lapis baja yang dijanjikan ke Ukraina untuk menghadapi Rusia. 
Bendera Inggris./Bloomberg
Bendera Inggris./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Negara Angkatan Bersenjata Inggris James Heappey mengatakan lebih dari 300 kendaraan lapis baja yang dijanjikan Inggris telah dikirim ke Ukraina. 

Anggota Partai Buruh Shadow Secretary of State for Defense John Healey diminta untuk memberikan data tentang semua kendaraan lapis baja yang telah dikirim ke Ukraina

Data kendaraan lapis baja itu meliputi tank Challenger 2, howitzer self-propelled AS90, senjata anti-pesawat self-propelled Stormer, kendaraan lapis baja Bulldog, Spartan dan M113. 

Selain itu, kendaraan lapis baja Mastiff, Wolfhound, dan Husky, serta kendaraan medis yang dilindungi Samaritan, yang telah dikirim ke Ukraina.

“Semua platform yang terdaftar telah dikirimkan. Secara total kami telah mengirim lebih dari 300 kendaraan mobilitas lapis baja dan terlindungi ke Ukraina," katanya seperti dilansir dari TASS, pada Jumat (19/5/2023). 

Heappey mengatakan bahwa pengiriman senjata telah dilakukan termasuk peralatan tambahan dan paket dukungan peralatan penting lainnya. 

"Termasuk peralatan tambahan dan paket dukungan peralatan penting untuk memastikan mereka dapat digunakan secara efektif di medan perang sebagai bagian dari kekuatan terpadu,” lanjut Heappey. 

Jumlah keseluruhan bantuan militer yang diberikan Inggris ke Kyiv setelah dimulainya operasi militer khusus Rusia di Ukraina berjumlah 4,6 miliar pound atau $5,8 miliar, atau setara Rp86,6 triliun. 

Adapun dengan demikian, Inggris menempati urutan kedua di antara sekutu Ukraina setelah Amerika Serikat (AS) yang mengirim bantuan senjata. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper