Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan, Serta Keutamaanya

Puasa Senin Kamis ternyata membawa beberapa manfaat untuk kesehatan. Berikut sejumlah manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan tubuh.
Mengenal Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan (freepik)
Mengenal Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan (freepik)

Bisnis.com, JAKARTA - Puasa Senin Kamis adalah salah satu ibadah sunnah yang banyak dilakukan umat Islam. Sesuai dengan namanya, puasa ini hanya dilakukan pada hari Senin dan Kamis.

Selain bernilai ibadah, manfaat puasa Senin Kamis ternyata sangat beragam, terutama untuk kesehatan. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Keutamaan dan Hadits Puasa Senin Kamis

Sebelum mengulas seputar manfaat dari puasa Senin Kamis, mari kita pelajari terlebih dahulu keutamaan puasa Senin Kamis lengkap dengan haditsnya. Mengutip dari lampung.nu.or.id, berikut beberapa keutamaan berpuasa di hari Senin dan Kamis.

1. Puasa yang selalu dilakukan Rasulullah

Puasa Senin Kamis ternyata termasuk puasa yang selalu dilakukan Rasulullah. Hal ini tertuang dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ahmad. Adapun bunyi hadist tersebut, seperti berikut.

kan alnby ythr som alathnyn oalkhmys

Artinya: “Nabi SAW selalu menjaga puasa Senin dan Kamis” (HR Tirmidzi dan Ahmad). 

2. Hari Senin dan Kamis merupakan waktu penyetoran amal manusia

Keutamaan puasa Senin Kamis lainnya yaitu kedua hari tersebut merupakan waktu penyetoran amal manusia. Maka dari itu, menjadi sebuah kelebihan apabila Anda berpuasa di hari tersebut. Hal ini diterangkan juga dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi.

 taard alaaamal yom alathnyn oalkhmys fahb an yaard aamly oana saym   

Artinya, “Amal perbuatan manusia akan disampaikan pada setiap hari Kamis dan Senin. Maka aku ingin amalku diserahkan saat aku berpuasa” (HR Tirmidzi). 

3. Waktu dibukanya pintu surga

Selain menjadi waktu penyetoran amal manusia, hari Senin dan Kamis juga menjadi waktu dibukanya pintu surga. Rasulullah bersabda;


 tfth aboab algn yom alathnyn oyom alkhmys fyghfr lkl aabd la yshrk ballh shyya ala rgla kant bynh obyn akhyh shhnaaa

Artinya: “Sesungguhnya pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Semua dosa hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu akan diampuni, kecuali bagi orang yang antara dia dan saudaranya terdapat kebencian dan perpecahan." (HR Muslim).

4. Hari kelahiran dan wafatnya Rasulullah

Keutamaan lain dari puasa sunah ini yaitu hari Senin merupakan hari kelahiran dan wafatnya Rasulullah. Hari Senin disebut sebagai hari kelahiran Nabi sesuai dengan hadits beliau yang diriwayatkan oleh Muslim. Berikut lafal hadist tersebut.

osyl aan som yom alathnyn kal:‏ thak yom oldt fyh oyom baatht ao anzl aal fyh   

Artinya, “Nabi ditanya soal puasa pada hari Senin, beliau menjawab, ‘Pada hari itu aku dilahirkan dan wahyu diturunkan kepadaku” (HR Muslim).

Apa Manfaat Puasa Senin Kamis?

Sama seperti puasa lainnya, puasa Senin Kamis juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Dikutip dari situs Rumah Sakit Budi Sehat Purworejo, berikut beberapa manfaat Senin Kamis untuk kesehatan pria maupun wanita.

1. Mencegah serangan jantung

Manfaat puasa senin kamis yang pertama adalah untuk jantung. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang menjalankan puasa dengan interval waktu tertentu bisa terhindar dari penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan tekanan darah sistolik menurun. Tekanan darah ini berpengaruh terhadap tekanan darah pada arteri dan berpengaruh terhadap risiko serangan penyakit jantung.

2. Mencegah kanker

Manfaat puasa Senin Kamis buat wanita maupun pria juga bisa mencegah kanker. Sejumlah riset yang dilakukan pada hewan dan model sel menunjukan bahwa pertumbuhan sel kanker bisa dikurangi dengan melakukan puasa secara rutin.

Selain itu, studi lain menyebutkan bahwa penderita kanker yang sudah berpuasa selama 8-10 jam sebelum pengobatan, maka tidak akan merasa pegal, lemas, atau gangguan pencernaan.

3. Mempertajam daya ingat

Manfaat puasa Senin Kamis untuk pria dan wanita lainnya yaitu bisa memperkuat daya ingat. Puasa diketahui bisa memberikan tekanan oksidatif ringan serta membuat sel saraf untuk memperbaiki kerusakan oksidatif yang terjadi pada DNA.

Sementara itu, puasa yang diimbangi dengan diet tinggi lemak, diketahui bisa menjaga otak dari risiko parkinson dan alzheimer. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper