Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Turki Magnitudo 7,9, Sejarah Terburuk Sejak Tahun 1939

Gempa di Turki yang terjadi kemarin dengan kekuatan magnitudo 7,9 disebut sebagai gempa terburuk sejak 1939 lalu.
Orang-orang di antara puing-puing setelah gempa bumi di Adana, Turki 6 Februari 2023. Kantor Berita Ihlas (IHA) via REUTERS
Orang-orang di antara puing-puing setelah gempa bumi di Adana, Turki 6 Februari 2023. Kantor Berita Ihlas (IHA) via REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Gempa yang melanda Turki sebesar magnitudo 7,9 pada Senin 7 Februari 2023 kemarin, disebut-sebut sebagai gempa terburuk yang terjadi di negara itu sejak 1939 lalu.

Hingga saat ini, data korban meninggal dalam gempa itu tercatat sekitar 3.800 orang, dan diperkirakan bisa mencapai 10.000 orang.

Hal ini, karena ribuan bangunan roboh dan masih banyak orang hilang yang belum ditemukan.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan mengatakan bahwa tim SAR telah dikirim ke daerah yang terkena bencana.

“Kami tidak tahu seberapa tinggi jumlah korban tewas dan luka-luka. Harapan kami adalah melewati bencana ini dengan kerugian paling sedikit, ”katanya dalam sebuah pidato.

“Ini adalah bencana terbesar yang pernah kami alami dalam satu abad terakhir setelah gempa bumi Erzincan tahun 1939,” tambahnya, mengutip insiden yang menewaskan lebih dari 32.000 orang di Turki timur.

Gempa tahun 1939 yang dimaksud Erdogan adalah gempa bumi Erzincan, yang diperkirakan menewaskan sekitar 33.000 orang.

Gempa itu terjadi pada 26 Desember 1939, dan menyebabkan "kerusakan ekstrem di Dataran Erzincan dan Lembah Sungai Kelkit", menurut daftar gempa bumi bersejarah di situs web USGS.

Gempa berkekuatan 7,8 skala Richter, terjadi di Zona Patahan Anatolia Utara (NAFZ), dan menciptakan retakan permukaan sepanjang 360 km, jejaknya masih terlihat, menurut sebuah studi Universitas Harvard tahun 2013.

Catatan USGS mengatakan bahwa lebih dari 300 km "kesalahan permukaan" diamati antara Erzincan dan Niksar, "dengan perpindahan horizontal sebanyak 3,7 m dan offset vertikal 2,0 m". Tsunami di Fatsa di pantai Laut Hitam Turki terekam oleh stasiun pasang surut dari Tuapse, Rusia hingga Sevastopol, Ukraina, menurut catatan USGS.

Karl Lang, seorang asisten profesor di Sekolah Ilmu Bumi dan Atmosfer Universitas Teknologi Georgia, mengatakan kepada CNN bahwa daerah yang dilanda gempa pada hari Senin rentan terhadap aktivitas seismik.

“Ini adalah zona patahan yang sangat besar, tapi ini adalah gempa bumi yang lebih besar daripada yang pernah mereka alami sebelumnya,” kata Lang.

Turki berada di salah satu zona gempa paling aktif di dunia, dengan daratan yang membentang di atas garis patahan Anatolia di utara negara itu yang menyebabkan gempa besar dan merusak.

Pada tahun 1999 gempa mematikan juga terjadi yang menewaskan lebih dari 17.000 orang di barat laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper