Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doa Setelah Adzan Lengkap Beserta Keutamaan dan Artinya 

Simak bacaan doa setelah adzan agar mendapatkan syafaat di akhir kiamat. Setiap muslim perlu menghafalkan doa ini.
Ilustrasi Doa Setelah Adzan Lengkap Beserta Keutamaan dan Artinya 
Ilustrasi Doa Setelah Adzan Lengkap Beserta Keutamaan dan Artinya 

Bisnis.com, JAKARTA - Adzan merupakan tanda pertanda waktunya masuk shalat. Setelah adzan berkumandang, sebaiknya kita membaca doa setelah adzan demi mendapatkan pahala yang berlimpah. Allah SWT telah menjanjikan banyak pahala untuk umatnya yang melafalkan ataupun mendengarkan adzan. Saat adzan berkumandang, orang yang mendengar disunnahkan untuk segera menjawabnya dengan membaca doa setelah adzan. 

Kenapa umat Islam perlu membaca doa setelah adzan? Doa setelah adzan merupakan sunnah yang sebaiknya dibaca umat Muslim setelah mendengar panggilan shalat 5 waktu. Bahkan dalam hadits yang diceritakan, doa yang dilantunkan setelah adzan tidak akan tertolak. 

“Sesungguhnya doa yang tidak tertolak adalah doa antara adzan dan iqomah, maka berdoalah (kala itu)” (HR Ahmad).

Selain itu, dalam hadits yang diceritakan oleh Jabir bin Abdilla, menyebutkan bahwa mereka yang membaca doa setelah adzan akan memperoleh syafaat Nabi SAW di hari kiamat. “Barangsiapa yang yang berdoa setelah mendengar adzan, “Ya Allah, Rabb pemilik seruan yang sempurna ini pemilik shalat yang akan didirikan ini, berikanlah wasilah dan keutamaan kepada Muhammad. Bangkitlah ia pada kedudukan yang terpuji sebagaimana Engkau telah janjikan”, maka ia berhak mendapatkan syafaatku pada hari kiamat”, (HR. Bukhari)

Berikut doa setelah adzan yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

Doa Setelah Adzan

“Allahumma rabba haadzihid da’watit taammah. Wash Shalaatil qaa-imah. Aati muhammadal wasiilata wal fadhiilah, wab’atshu maqoomam mahmuudal ladzii wa’adtahu innaka la tukhliful mi’ad”

Artinya: Ya Allah, tuhan yang memiliki panggilan ini, yang sempurna dan memiliki salat yang didirikan. Berilah Nabi Muhammad wasilah dan keutamaan, serta kemuliaan dan derajat yang tinggi, dan angkatlah ia ke tempat yang terpuji sebagaimana yang Engkau telah janjikan. 


Doa Setelah Adzan Subuh

“Allahumma hadza iqbalu naharika wa idbaru lalika wa ashwatu du’aika faghfir li” 

Artinya: Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya siang-Mu, dan perginya malam-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku. 


Doa Setelah Adzan Maghrib

“Allahumma haadza iqbaalu lalika wa idbaaru nahaarika wa ashwaatu du’aaika faghfir lii”

Artinya: Ya Allah, ini telah menjelang malam-Mu dan telah berlalu siang-Mu, telah diserukan seruan-Mu, maka ampunilah aku (HR. Abu Dawud). 

Keutamaan Doa Setelah Adzan

Mendapatkan Saksi Kebaikan

Umat Islam yang memanjatkan doa setelah adzan berkumandang akan mendapat saksi kebaikan. Sebagaimana dikatakan dalam salah satu hadis yang berbunyi: 

“Tidaklah suara adzan yang keras dari yang mengumandangkan adzan didengar oleh jin, manusia, segala sesuatu yang mendengarnya melainkan itu semua akan menjadi saksi pada hari kiamat”

DiIjabah Doa-Doanya

Setelah membaca doa setelah adzan, sangat dianjurkan untuk berdoa sesuai dengan hajat masing-masing. Sebab, doa diantara adzan dan iqamah termasuk doa yang tidak akan tertolak atau pasti diterima Allah SWT.  

Anas radhiyallahu anhu mengabarkan bahwa Nabi Muhammad bersabda dalam sebuah hadis: “Doa di antara adzan dan iqamat tidak akan ditolak”.

Mendapatkan syafaat di hari kiamat

Barangsiapa yang membaca doa setelah adzan, maka ia akan memperoleh syafaat di hari kiamat. Hal ini didasarkan pada sebuah hadist Nabi Muhammad yang dikabarkan oleh Jabir bin Abdullah.

“Jabir bin Abdullah mengatakan bahwa Rasulullah bersabda, ‘Barangsiapa membaca doa setelah mendengar panggilan muadzin, niscaya ia akan memperoleh syafaat pada Hari Kiamat’.”

Itulah doa setelah adzan yang dapat kamu amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa untuk selalu membacakan doa setelah adzan di atas agar mendapat pahala berlimpah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper