Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doa Sholat Dhuha dan Keutamaannya

Sholat dhuha merupakan ibadah sunnah yang terdapat dalil shahih terkait keutamaannya.
Doa Sholat Dhuha dan Keutamaannya/Olike Indonesia
Doa Sholat Dhuha dan Keutamaannya/Olike Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Sholat dhuha menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan setiap umat islam. Agar amalan ini semakin sempurna umat muslim dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat dhuha. Tidak hanya memahami doa sholat dhuha dengan benar, umat islam juga perlu mengetahui bacaan niat sholat dhuha, tata cara, hukum hingga manfaatnya. Sholat dhuha sendiri didirikan dalam jumlah dua rakaat dan satu salam. 

Tata cara sholat dhuha diantaranya adalah dilaksanakan pada pagi hari setelah matahari terbit hingga 15 menit sebelum masuk waktu dzuhur. Salat dhuha dilaksanakan salah satunya untuk memohon agar dilancarkan rezekinya oleh Allah SWT. Setelah sholat dhuha selesai, umat islam dianjurkan untuk memanjatkan doa-doa pembuka pintu rezeki. Banyak doa setelah sholat dhuha yang bisa dipanjatkan.

Berikut bacaan sholat dhuha dengan artinya: 

Allahumma innad dhuhaa’a dhuhaa’uka, wal bahaa’a bahaa’uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishamtuka. 

Allahuma in kaana rizqii fis sama’I fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa akrijhu, wa inkaana mu’siran (mu’assaran) fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa thahhirhu, wa inkaana ba’iidan fa qarribhu, bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika. Aatinii maa atayta ‘ibadaakas shaalihiin. 

Artinya: wahai tuhanku, sungguh dhuha ini adalah dhuha-Mu, keagungan ini adalah keagungan-Mu, keindahan ini adalah keindahan-Mu, kekuatan ini adalah kekuatan-Mu dan penjagaan ini adalah penjagaan-Mu. 

Ya Allah, jika rezeki masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaanmu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hambaMu yang sholeh. 

Keutamaan sholat dhuha: 

1. Termasuk sedekah yang baik

Meskipun merupakan ibadah sunnah yang tidak wajib dikerjakan, sholat dhuha memiliki keutamaan yang sangat baik. Salah satunya ialah jika dikerjakan dianggap sebagai pahala sedekah. Bagi seorang muslim yang rajin mengerjakan sholat dhuha, maka dianggap telah bersedekah dengan jumlah yang banyak atas seluruh anggota tubuhnya. Hal tersebut seperti sabda Rasulullah SAW: 

Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan shalah dhuha dua rakaat. (HR Muslim)

2. Diampuni dosanya

Keutamaan lain dari rutin dilaksanakannya sholat dhuha adalah diampuni segala dosa-dosanya di masa lampau. Siapa pun yang mengerjakansholat dhuha asecara rutin, maka doa sebanyak buih di lautan pun akan diampuni oleh Allah SWT. 

Siapa yang membiasakan (menjaga) sholat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan. (HR At-Tarmidzi dan Ibnu Majah)

3. Dijanjikan istana di surga

Barang siapa yang secara rutin mengerjakan sholat dhuha juga akan mendapatkan istana megah di surga di kemudian hari. 

Barang siapa sholat dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana di surga. (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

4. Menyehatkan tubuh

Tidak hanya secara rohani, sholat dhuha juga memiliki manfaat untuk Kesehatan jasmani. Sholat di pagi hari menjelang siang dapat melancarkan peredaran darah. Selain itu, udara pagi yang segar bermanfaat bagi pernapasan dan jantung. Dengan rajin melaksanakan sholat dhuha, maka akan membantu menyehatkan persendian dan tulang. Berwudhu sebelum sholat juga membantu membuat wajah terlihat awet muda. 

Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setia bacaan tahmid bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir juga bisa sebagai sedekah. 

Begitu juga Amar Maruf dan Nahi Mungkar adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi dengan melaksanakan shalat dhuha sebanyak 2 rakaat. 

Itulah keutamaan dan doa sholat dhuha yang bisa dipanjatkan untuk memohon kepada Allah SWT agar dilancarkan rezeki dan urusannya di dunia. Semoga dengan rajin sholat dhuha dan mengamalkan doa-doa nya, kita semua diberikan kemudahan dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper