Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doa Wudhu yang Lengkap Sebelum dan Setelah Beserta Artinya

Berwudhu hendaknya tidak perlu terburu-buru, kamu juga perlu memahami doa wudhu dan artinya. Simak penjelasan lengkapnya di dalam artikel ini.
Doa Wudhu yang Lengkap Sebelum dan Setelah Beserta Artinya
Doa Wudhu yang Lengkap Sebelum dan Setelah Beserta Artinya

Bisnis.com, JAKARTA - Wudhu adalah cara mensucikan diri sebelum melakukan ibadah sholat dan membaca Al-Quran, umat Islam dianjurkan membaca doa setelah wudhu dan artinya. Bacaan doa setelah wudhu dan artinya perlu dibaca untuk menyempurnakan wudhu yang dilakukan. Oleh karena itu, membaca doa ini sangat dianjurkan. 

Hukum berwudhu menjadi wajib Ketika seorang muslim hendak melaksanakan, thawaf dan juga menyentuh kitab suci Al-Quran. Melaksanakan wudhu dengan cara yang benar juga mampu menghapus dosa dari anggota tubuh yang sudah dibasuh. Dalam wudhu, terdapat bacaan doa yang harus dilafalkan baik doa sebelum dan setelah wudhu. 

Berikut doa-doa wudhu yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

Doa Sebelum Wudhu

1. Membaca Ta’awudz dan Basmallah
A’udzu billahi minas syaithaanirr rajiim.

Artinya: aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.

Membaca Basmallah

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Artinya: dengan menyebut nama Allah yang Maha pengasih lagi Maha penyayang. 

2. Membaca dua kalimat syahadat
Ashadu anlaa ilaaha illalaahu, wa asyhadu anna Muhammadan Rasulullahi. 

Artinya: aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah. Aku juga bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. 

3. Membaca niat wudhu
Nawaitu wudhu’a lirof’il hadatsii ashgori fardhon lillahi ta’alaa.

Artinya: aku niat berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil, fardu karena Allah. 

4. Doa setelah Wudhu 
Asyhadu allaa ilaahah illallah wahdahuu laa syariika lahuu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu wa rosuuluh. Allahummaj’alnii minat tawwabiina waj’alnii minal mutathahhiriina, waj’alnii minal mutathahiriina, waj’alnii min’ibadikash shaalihiin. 

Artinya: aku bersaksi, tiada Tuhan selain Allah yang maha tunggal, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan Utusannya. Ya Allah. 

Manfaat Wudhu

1. Terhindar dari Kuman

Manfaat wudhu secara medis yaitu dapat meningkatkan Kesehatan manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, saat beraktivitas kamu pasti menyentuh benda-benda yang terindikasi adanya kuman. Jika rajin berwudhu, sudah pasti kamu mencuci muka hingga tangan dengan air mengalir. Dengan begitu, kuman-kuman yang ada di tubuh pun hilang. 

2. Menimbulkan Perasaan Tenang

Dengan melaksanakan wudhu sebelum beraktifitas atau tidur, akan membuat perasaan menjadi lebih tenang dan nyaman. Selain itu, air wudhu juga dapat membuat otot-otot di tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman. Ketika otot tubuh rileks dan pikiran nyaman, maka kualitas tidur akan selalu terjaga. 

3. Menampilkan Wajah yang Berseri

Setiap Muslim yang terbiasa wudhu, akan memberikan bekas pada wajah dan tangannya. Bahkan di hari kiamat nanti, orang yang senang berwudhu wajahnya akan terlihat lebih terang. Rasulullah SAW sendiri menyarankan untuk melebihi tubuh yang dibasuh saat berwudhu, agar di hari kiamat nanti terlihat berseri-seri. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam salah satu hadis berikut: 

“Sesungguhnya umatku pada hari Kiamat adalah al-ghurr dan al-muhajjalun karena bekas wudhu. Siapa saja yang mampu memanjangkan ghurr-nya maka lakukanlah” (HR. Ahmad)

4. Menghapus Dosa

Seorang muslim yang berwudhu maka Allah SWT akan mengampuni kesalahan-kesalahannya. Selain itu, berwudhu juga dapat meningkatkan derajat seseorang dan akan selalu diberikan kesabaran saat menghadapi perkara yang tidak disenangi. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam salah satu hadis, Rasulullah SAW bersabda: 

“Maukah kalian aku tunjukkan kepada kalian atas apa yang membuat Allah menghapus kesalahan dan mengangkat derajat?” para sahabat menjawab “tentu, ya Rasul.” Beliau melanjutkan “menyempurnakan wudhu di pagi hari yang dingin, bersabar menghadapi perkara yang tidak disenangi, memperbanyak Langkah ke masjid, dan menanti shalat. Itulah ribath.” (HR.Muslim)

Itulah doa wudhu lengkap sebelum dan sesudah beserta manfaatnya, agar kita bisa mengamalkannya ketika berwudhu dan hendak ingin menunaikan sholat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper