Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nama Ganjar Masuk Bursa Bacapres Partai Nasdem, Begini Respons Puan

Puan Maharani memastikan PDIP tidak terganggu dengan kemunculan kader partainya, Ganjar Pranowo sebagai bacapres Partai NasDem
Puan merespons informasi terkait Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menjadi bacapres NasDem / Istimewa
Puan merespons informasi terkait Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menjadi bacapres NasDem / Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menanggapi masuknya nama Ganjar Pranowo sebagai salah satu bakal calon presiden (bacapres) Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Puan mengatakan pihaknya menghormati kebijakan internal dari partai politik lain, termasuk Nasdem yang baru saja mengumumkan nama bakal capres untuk diusung di 2024.

Menyusul munculnya nama Ganjar Pranowo yang merupakan kader PDIP masuk sebagai salah satu yang diusung Nasdem, Puan memastikan PDIP punya mekanisme sendiri dalam menentukan capres-cawapresnya.

“Ya, kalau PDIP kan punya mekanisme tersendiri juga untuk menentukan bakal capres dan bakal cawapres. Jadi, ya silakan saja itu berarti mekanisme setiap partai politik berbeda-beda. Jadi menurut saya sah-sah saja,” ujar Puan dalam keterangan resminya, Sabtu (18/6/2022).

Puan menuturkan, sesuai dengan amanat kongres PDIP bahwa yang akan menjadi bacapres adalah merupakan hak prerogratif dari ketua umum. Untuk itu, sambungnya, seluruh kader partai yang menjadi bacapres merupakan keputusan ketua umum sesuai dengan hasil kongres.

Puan pun memastikan PDIP tak merasa terganggu dengan manuver Nasdem. Pasalnya, hal itu merupakan urusan internal masing-masing partai politik, yang memiliki mekanisme masing-masing dalam membuat keputusan.

“Jadi biasa saja,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga telah merespons hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Jumat kemarin. Rakernas itu menetapkan Ganjar bersama Anies Baswedan dan Andika Perkasa sebagai bacapres NasDem.

Ganjar sendiri menegaskan dirinya sangat menghormati Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Ganjar bahkan menyebut Megawati sudah dianggapnya sebagai orang tua sendiri yang saran dan petunjuknya akan selalu diikuti.

"Saya ini orang yang didik untuk sangat hormat dengan orang tua, maka saya sangat menghormati orang tua termasuk orang tua saya di partai. Orang tua saya sekarang sudah tiada, sekarang orang tua saya ya Bu Mega," katanya dalam siaran resminya, Sabtu (18/6/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper