Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tengok Busana Khas Lampung Dipakai Jokowi di Upacara Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus di Istana Merdeka

Sebagai ciri khas Lampung, Presiden menggunakan kain tenun tapis berwarna merah dengan benang keemasan yang disampirkan di pundaknya. Dia juga mengenakan ikat pinggang bermata emas.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 17 Agustus 2021  |  12:41 WIB
Tengok Busana Khas Lampung Dipakai Jokowi di Upacara Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus di Istana Merdeka
Presiden Joko Widodo mengenakan busana daerah Lampung saat menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memilih busana adat Lampung berwarna putih yang dipadukan dengan kain tenun berwarna merah pada saat memimpin Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka.

Busana tersebut selaras dengan nuansa Kemerdekaan Indonesia pada Selasa (17/8/2021).

Jokowi tampil dalam balutan setelan jas atau beskap putih dan celana putih. Sebagai ciri khas Lampung, Presiden menggunakan kain tenun tapis berwarna merah dengan benang keemasan yang disampirkan di pundaknya. Dia juga mengenakan ikat pinggang bermata emas.

Pada bagian kepala, Presiden meggunakan aksesori kopiah berwarna sepadan dengan selendangnya. Adapun pada bagian bawah, Jokowi mengenakan kain yang diikatkan di pinggang hingga selutut dengan motif yang sama dengan penutup kepala dan kain tenunnya.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021)./Biro Pers Sekretariat Presiden-Muchlis Jr 

Kain tapis merupakan salah satu jenis kerajinan tradisional masyarakat Lampung yang dibuat dengan teknik menenun. Salah satu filosofi kain ini adalah keselarasan kehidupan yang baik terhadap kepedulian lingkungannya dan Tuhan yang Maha Pencipta.

Pada adat busana khas Lampung, kaum lelaki biasanya akan memakai kopiah atau kikat sebagai penutup kepala. Untuk menutup bagian bawah, biasanya digunakan senjang. Namun, sekarang sudah dimodifikasi menggunakan celana.

Terkadang, pria Lampung juga menggunakan selikap atau kain selendang yang dipakai untuk penahan panas atau dingin yang dililitkan di leher. Namun, biasanya ini digunakan oleh pengantin.

Presiden Joko Widodo memberi hormat saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi 1945 di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2021). ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto/Handout/sgd/

Sementara itu, Ibu Negara Iriana Joko Widodo memilih menggunakan baju kurung dipadukan kain songket panjang di bagian pundak berwarna keemasan.

Presiden memimpin upacara dalam rangka peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI yang masih digelar dalam suasana pandemi Covid-19, sehingga dilakukan secara hybrid yakni perpaduan daring dan luring. Upacara telah dilaksanakan pukul 10.00 WIB dan berlangsung lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi lampung busana HUT RI HUT Kemerdekaan RI
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top