Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pangeran Philip Akan Dimakamkan Secara Sederhana Sabtu Mendatang

Jumlah orang yang hadir dalam acara pemakaman akan dibatasi sebagai permintaan sang Duke of Edinburgh.
Hanafi Nurmahdi
Hanafi Nurmahdi - Bisnis.com 15 April 2021  |  18:44 WIB
Duke of Edinburgh, Pangeran Philip akan dimakamkan secara sederhana saat pandemi. - USNews
Duke of Edinburgh, Pangeran Philip akan dimakamkan secara sederhana saat pandemi. - USNews

Bisnis.com, JAKARTA - Kerajaan Inggris tengah mempersiapkan pemakaman untuk Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II, yang meninggal hari Jumat lalu (9/4/2021) di usia 99 tahun.

Upacara pemakaman kerajaan akan diadakan di Kapel St George, di halaman Kastil Windsor, pada hari Sabtu, 17 April pukul 15:00 BST (21:00 WIB). Acara tersebut akan disiarkan di televisi.

Semasa hidup, pangeran Philip dikabarkan meminta pemakaman yang sederhana dan tidak ingin masyarakat melihat peti matinya. Jenazahnya akan ditaruh di kapel pribadi di Kastil Windsor sampai hari pemakaman.

Ucapan belasungkawa terus berdatangan mengiringi atas wafatnya Pangeran Philip.

Peti mati pria bergelar Duke of Edinburgh itu dibungkus dengan bendera pribadinya, yang disebut standard. Bendera tersebut mewakili elemen-elemen hidupnya, mulai dari garis keturunan Yunani hingga gelar Kerajaan Inggrisnya.

Ketika Philip bertunangan dengan Putri Elizabeth pada tahun 1946, dia melepaskan gelar Yunaninya dan menjadi warga negara Inggris, dengan mengambil nama marga ibunya, Mountbatten.

Jumlah orang yang hadir dalam acara pemakaman akan dibatasi sebagai permintaan sang Duke of Edinburgh. Hal ini juga karena Inggris masih berada dalam kawasan virus corona, pihak istana tetap menekankan pada protokol kesehatan.

Pada hari pemakaman, peti mati akan dipindahkan dari kapel pribadi ke pintu masuk kenegaraan Kastil Windsor. Kemudian dibawa ke Kapel St. George yang tidak jauh dari situ. Di dalam kapel, layanan pemakaman akan dimulai saat peti mati dibawa ke ruangan yang disebut Quire, dan ditempatkan di atas panggung yang disebut catafalque. Setelah kebaktian pelepasan, Duke of Edinburgh akan dikebumikan di pemakaman kerajaan.

Medali dan piagam sebagai tanda kebesaran sang Duke, yang diberikan kepadanya oleh Inggris dan negara-negara Persemakmuran Inggris berupa tongkat Field Marshal, Royal Air Force Wings, serta lencana dari Denmark dan Yunani akan dipajang di atas altar di Kapel St George.

Pemakaman akan dihadiri 30 orang, para pengusung jenazah dan pendeta tidak termasuk dalam jumlah hadirin. Untuk menghadiri pemakaman, pemerintah tetap mewajibkan mengenakan masker yang sesuai dengan standar pemerintah dan menjaga jarak.

Ratusan anggota angkatan bersenjata juga akan berbaris di jalan-jalan untuk menghormati sang Duke, beserta ribuan petugas polisi untuk mengendalikan massa.

Penghormatan senjata sudah dilakukan di seluruh Inggris dan Gibraltar pada hari Sabtu (10/04). Senjata militer menembakkan 41 peluru pada satu putaran setiap menit selama 40 menit di Edinburgh, Cardiff, London, Kastil Hillsborough di Irlandia Utar, dan di pangkalan angkatan laut Devonport dan Portsmouth.

Kapal Angkatan Laut Kerajaan yang sedang berada di laut, termasuk HMS Diamond dan HMS Montrose, juga memberikan penghormatan kepada duke, yang bertugas sebagai perwira angkatan laut selama Perang Dunia Kedua dan menjabat, di antara gelar lainnya, kantor Lord High Admiral.

Sebagai penghormatan, partai-partai politik terbesar di Inggris, Skotlandia, dan Wales untuk sementara menangguhkan jadwal kampanye untuk pemilihan umum bulan depan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inggris pangeran philip
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top