Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gempa Malang, Ini Instruksi Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk segera bergerak melakukan pemulihan infrastruktur umum dan bangunan rusak lainnya milik warga akibat gempa bumi di Malang.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 11 April 2021  |  16:39 WIB
Presiden Jokowi menyampaikan keterangan pers usai meninjau lokasi terdampak bencana di Desa Amakaka, Kecamatan Ile Ape, Lembata, NTT, Jumat (9/4 - 2021) / Youtube Setpres
Presiden Jokowi menyampaikan keterangan pers usai meninjau lokasi terdampak bencana di Desa Amakaka, Kecamatan Ile Ape, Lembata, NTT, Jumat (9/4 - 2021) / Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan seluruh jajarannya untuk segera mengevakuasi korban terdampak bencana gempa bumi dengan magnitudo 6,1 yang terjadi di sebelab barat daya Kabupaten Malang pada Sabtu (10/4/2021).

“Saya telah memerintahkan kepada Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR, Panglima TNI dan Kapolri berserta jajaran aparat di provinsi dan kabupaten untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat,” kata Jokowi melalui keterangan virtual Sekretariat Presiden, Minggu (11/4/2021).

Jokowi meminta agar para korban yang tertimbun bangunan dapat diidentifikasi sembari melakukan perawatan kepada warga yang mengalami luka-luka.

Selain itu, dia juga berpesan agar jajarannya dapat segera melakukan pemulihan infrastruktur umum dan bangunan rusak lainnya milik warga.

“Juga penanganan dampak dari adanya gempat bumi tersebut, saya atas nama pemerintah dan seluruh rakyat menyampaikan duka cita yang mendalam,” kata dia.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan telah kembali terjadi gempa bumi dengan magnitudo 5,5 di barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Minggu, pukul 06.54 WIB.

Menurut keterangan BMKG yang diterima di Jakarta pada Minggu pagi, gempa itu tidak memiliki potensi tsunami.

Gempa M 5,5 itu terjadi di kedalaman 98 kilometer (km) dengan pusat gempa berada 80 kilometer barat daya Kabupaten Malang, tepatnya berada di koordinat 8,84 lintang selatan-112,41 bujur timur.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi gempa malang
Editor : Yustinus Andri DP

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top