Kasus Novel Baswedan : Ada Temuan Baru Menuju Kesimpulan, Ini Perintah Jokowi kepada Kapolri

Presiden Joko Widodo menyebutkan telah menerima laporan dari Kapolri Jenderal Idham Azis bahwa sudah ada temuan baru yang menuju pada kesimpulan kasus penyerangan terhadap Novel Baswedan.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 10 Desember 2019  |  11:17 WIB
Kasus Novel Baswedan : Ada Temuan Baru Menuju Kesimpulan, Ini Perintah Jokowi kepada Kapolri
Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan didampingi tim kuasa hukumnya memberi keterangan seusai menjalani pemeriksaan Tim Pemantauan Kasus Novel Baswedan di kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnasham), Jakarta, Selasa (13/3). Tim kuasa hukum Novel Baswedan mendesak Presiden untuk tetap membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TPGF) guna mengusut penyerangan terhadap Novel Baswedan. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Tim yang bertugas menyelidiki kasus Novel Baswedan disebutkan mendapat temuan baru yang mengarah pada kesimpulan.

Presiden Joko Widodo menyebutkan telah menerima laporan dari Kapolri Jenderal Idham Azis bahwa sudah ada temuan baru yang menuju pada kesimpulan kasus penyerangan terhadap Novel Baswedan.

“Sore kemarin Kapolri udah saya undang. Saya tanyakan langsung ke Kapolri, saya juga ingin mendapatkan sebuah ketegasan, ada progres atau ndak. Dijawab, ada temuan baru yang sudah menuju pada kesimpulan. Oleh sebab itu, saya tidak kasih waktu lagi, saya bilang secepatnya segera diumumkan,” tegas Presiden Jokowi usai menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah dan Silaturahmi Nasional Bank Wakaf Mikro di Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Menurut Presiden, tenggat waktu untuk menyelesaikan kasus penyerangan Novel sudah tidak diperlukan lagi karena dia meyakini Idham akan segera mengumumkan hasilnya dalam waktu dekat.

“Saya tidak bicara masalah bulan. Kalau saya bilang secepatnya berarti dalam waktu harian,” tegas Presiden.

Namun, Presiden enggan merinci temuan yang disebutnya sudah mengarah kepada kesimpulan. Presiden mempersilakan wartawan bertanya langsung kepada Kapolri Idham Aziz.

Sebelumnya, Idham dipanggil Presiden Jokowi ke Istana Kepresidenan untuk melaporkan perkembangan kasus penyerangan Novel pada Senin (9/12/2019) petang.

Jokowi sempat memberikan tenggat waktu kepada Polri hingga awal Desember 2019 untuk mengungkap kasus penyerangan terhadap Novel yang terjadi pada 2017. Bahkan, Jokowi juga sudah memberikan tenggat waktu penyelesaian kasus Novel kepada Kapolri terdahulu Tito Karnavian selama tiga bulan pada 19 Juli 2019. Sayangnya, tim pencari fakta yang dibentuk Tito gagal mengungkap kasus tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, kapolri, novel baswedan

Editor : Saeno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top