Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ketua DPP PDIP: Jokowi Butuh Oposisi

Ketua DPP PDIP Andreas Hugo menjelaskan bahwa alasan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf nanti butuh oposisi karena bisa memberikan dinamika politik. Partai di luar pemerintahan bisa menyampaikan aspirasi yang tidak mendukung pemerintah.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 16 Juli 2019  |  20:25 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di dalam gerbong kereta MRT di Jakarta, Sabtu (13/7/2019)./ANTARA FOTO - Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di dalam gerbong kereta MRT di Jakarta, Sabtu (13/7/2019)./ANTARA FOTO - Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA — Calon Presiden Terpilih Joko Widodo menyatakan oposisi sama baiknya dengan koalisi. Tanda pemerintah membutuhkan partai penyeimbang.

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pareira mengatakan bahwa partai yang ada di luar pemerintahan merupakan suatu kehormatan. DPIP telah melakukan itu selama 10 tahun.

“Dan di situ kelihatan bahwa selama 10 tahun PDIP menjadi partai di luar pemerintahan pun ya rakyat tetap menghormati PDI Perjuangan. Dan akhirnya terbukti bahwa rakyat kembali memilih PDI Perjuangan,” katanya di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Andreas menjelaskan bahwa alasan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf nanti butuh oposisi karena bisa memberikan dinamika politik. Partai di luar pemerintahan bisa menyampaikan aspirasi yang tidak mendukung pemerintah.

“Ketika ada perbedaan-perbedaan yang ada di masyarakat, di situlah fungsi penyeimbang untuk menyampaikan aspirasi dari mereka yang waktu itu tidak memilih Jokowi,” jelasnya.

Partai yang berada di oposisi dijamin Andreas tidak akan bubar. Mereka tetap bisa eksis meski di luar pemerintahan.

“Dan kalau dilihat dari niat yang disampaikan Prabowo, Prabowo pun menyampaikan bahwa ‘kami akan melakukan kritik-kritik konstruktif terhadap pemerintah.’ Itu kan adalah sinyal keinginan Partai Gerindra untuk di luar pemerintahan,” ucapnya.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi pdip
Editor : Rahayuningsih
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top