Beda Pendapat dengan May, 3 Menteri di Kabinet Inggris Mundur

Tiga menteri kabinet mengundurkan diri setelah parlemen mengambil alih proses Inggris keluar dari Uni Eropa alias Brexit kemarin waktu setempat.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 26 Maret 2019  |  08:45 WIB
Beda Pendapat dengan May, 3 Menteri di Kabinet Inggris Mundur
PM Inggris Theresa May - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Tiga menteri kabinet mengundurkan diri setelah parlemen mengambil alih proses Inggris keluar dari Uni Eropa alias Brexit kemarin waktu setempat.

Sejumlah sumber pemerintahan mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri, Alistair Burt dan Menteri Kesehatan, Steve Brine mengundurkan diri. Sementara itu, Menteri Bisnis Inggris, Richard Harrington juga mengumumkan pengunduran dirinya melalui Twitter sebagaimana dikutip CNN.com, Selasa (26/3/2019).

Ketiga menteri itu merupakan bagian dari 30 anggota partai tempat Perdana Menteri Theresa May bernaung, Partai Konservatif, yang membelot dalam pemungutan suara parlemen.

Melalui pemungutan suara itu, parlemen berhasil mengambil alih kendali proses Brexit dari pemerintah Inggris.

Dengan keputusan tersebut, parlemen Inggris mengambil alih proses Brexit untuk satu hari dan akan menentukan sejumlah pilihan terkait Brexit melalui serangkaian pemungutan suara pada Rabu (27/3/2019) besok.

Salah satu keputusan penting yang harus diambil adalah mengenai hubungan antara Inggris dan Uni Eropa di masa depan.

Sebelumnya, May terus menekankan kepentingan Inggris untuk tetap menjalin hubungan ekonomi sedekat mungkin dengan Uni Eropa, namun sejumlah pihak ingin Inggris benar-benar keluar dari Uni Eropa tanpa kesepakatan apa pun. Langkah itu memicu kekhawatiran para pebisnis.

Pengambilalihan itu terjadi karena Inggris tak kunjung menyepakati proses negosiasi Brexit, padahal awalnya Uni Eropa memberikan tenggat waktu hingga akhir Maret. 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
inggris, Brexit, Theresa May

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top