Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

China Pesan 390 Pesawat Airbus dari Prancis

Pemerintah Prancis menyatakan China telah sepakat untuk membeli 290 pesawat Airbus jenis A320 dan 10 pesawat untuk tipe A350.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 26 Maret 2019  |  07:00 WIB
Airbus A320 NEO - Istimewa
Airbus A320 NEO - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Prancis menyatakan China telah sepakat untuk membeli 290 pesawat Airbus jenis A320 dan 10 pesawat untuk tipe A350.

Penandatanganan kesepakatan pembelian tersebut ditandatangani saat Presiden China Xi Jinping berkunjung ke Paris awal pekan ini. Selain itu, Prancis juga bersepakat dengan China untuk mengekspor ayam beku mereka ke Negeri Tirai Bambu tersebut. 

"Ini sinyal yang sangat baik dari kekuatan perdagangan antara dua negara," kata mereka seperti dikutip CNN.com, Selasa (26/3/2019).

Hanya saja, kedua pemerinah tidak menyebutkan berapa nilai transaksi untuk pemesanan pesawat buatan Prancis tersebut.

Presiden Prancis Emmanuel Macron berharap kesepakatan yang berhasil dicapai China dan negaranya tersebut ke depan bisa memperkuat kemitraan Prancis dan Eropa dengan China.

"Tapi kemitraan yang kuat harus dilandaskan pada multilateralisme yang kuat, adil dan seimbang," katanya.

 Sementara itu, Xi mengatakan untuk bisa memperkuat kerja sama, negaranya butuh Eropa yang bersatu dan makmur. Agar kesatuan dan kemakmuran tersebut bisa tercipta, dia meminta Eropa untuk mengadopsi strategi yang diterapkan negaranya.

Sebagai informasi, untuk menciptakan kemakmuran dan kesatuan, China di bawah pemerintahan Presiden Xi memang tengah menjalankan program Jalur Sutera Modern. Program tersebut, beberapa waktu lalu telah diikuti oleh Italia.

Italia telah menandatangani kerja sama dengan China untuk mewujudkan program tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china airbus
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top