Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahfud MD: Pemilu Cegah Orang Jahat Berkuasa

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD berpendapat, esensi dari pemilihan umum alias pemilu adalah mencegah orang jahat menjadi pemimpin.
Mahfud MD dalam Debat Cawapres 2024
Mahfud MD dalam Debat Cawapres 2024

Bisnis.com, JAKARTA - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD menegaskan bahwa partisipasi dalam pemilihan umum atau pemilu sangat diperlukan untuk mencegah orang jahat menjadi berkuasa.

Pernyataan itu Mahfud sampaikan dalam acara Bedah Gagasan & Visi Calon Pemimpin Bangsa di Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar pada Sabtu (13/1/2024). Pada kesempatan itu, Mahfud menekankan tidak ada kebaikan yang sempurna dari seorang pemimpin.

"Tidak ada orang baik, relatif kebaikannya. Tetapi kalau dalam pemilihan; pemilu itu bukan untuk memilih orang baik, pemilu itu untuk menghindari orang jahat menjadi pemimpin," ujar Mahfud seperti yang disiarkan kanal YouTube Unhas TV, Sabtu (13/1/2024).

Mahfud meminta setiap pemilih untuk menimbang baik-buruknya para calon pemimpin. Menurutnya, pembimbing terbaik adalah kata hati.

"Silakan dicermati siapa yang harus saya pilih sesuai bisikan hati nurani dan nilai-nilai kebenaran," kata Mahfud.

Apalagi, menurutnya, kini banyak tekanan secara tidak langsung yang dialami para pemilih. Mahfud mencontohkan, ada aparatur sipil negara (ASN) yang disuruh memilih calon tertentu dengan dijanji jabatan atau bahkan memberi bantuan ke masyarakat agar memilih calon tertentu.

Di samping itu, Mahfud mengakui bahwa tekanan psikologis seperti itu tidak bisa dihindari dalam ajang pemilu. Meski demikian, dia meminta agar rakyat tetap memilih berdasarkan hari nurani bukan tekanan.

"Karena gini, kalau orang tidak memilih sesuai hati nurani, di dalam Al-Qur'an disebut orang itu seperti binatang, tidak layak jadi manusia," jelas Mahfud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper