Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kala Anies dan Prabowo Kompak Mendukung Kemerdekaan Palestina

Anies Baswedan dan Prabowo Subianto kompak bersuara mengenai kemerdekaan Palestina dari pendudukan Israel.
Para pengunjuk rasa berkumpul di luar Kedutaan Besar Israel selama demonstrasi mendukung Palestina, di Mexico City, Meksiko 20 Oktober 2023. REUTERS/Henry Romero
Para pengunjuk rasa berkumpul di luar Kedutaan Besar Israel selama demonstrasi mendukung Palestina, di Mexico City, Meksiko 20 Oktober 2023. REUTERS/Henry Romero

Bisnis.com, JAKARTA - Gejolak konflik antara Palestina dan Israel tidak luput dari perhatian para kontestan pemilihan presiden (Pilpres) 2024 di Tanah Air.

Perdamaian untuk Palestina turut menjadi fokus para calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Tidak jarang, isu perdamaian Palestina mendapatkan tempat dalam orasi politik para kontestan.

Pasangan calon (paslon) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau yang akrab dikenal dengan Cak Imin salah satu yang sempat menyerukan tentang kemerdekaan Palestina.

Dalam orasi kebangsaan usai mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (19/1/2023), Anies menyatakan tidak hanya ingin melindungi, mencerdaskan, dan memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia, tetapi juga ingin terlibat di dalam menjadikan dunia yang aman dan damai. Dia juga mendukung kemerdekaan untuk Palestina.

"Karena itu, kita doakan saudara-saudara kita di Palestina yang masih terus menerus menghadapi gempuran dan cobaan. Mari kita tegakkan amanat kemerdekaan kita, semangat di Undang-Undang Dasar 45 bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Oleh karena itu, kita terus dukung dan doakan Palestina segera merdeka dan dibebaskan dari penjajahan demi mendapatkan keadilan dan masa depan yang baik," kata Anies.

Sementara itu, Paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka turut memberikan perhatian terhadap perdamaian Palestina.

Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu memastikan bahwa sikapnya terhadap konflik Israel—Palestina akan senada dengan Pembukaan Undang-undang Dasar (UUD) 1945.

Dia juga mendukung kemerdekaan Palestina dan mendorong penjajahan agar segera dihapuskan.

Lebih lanjut, dalam visi-misi dan program yang diusung paslon Prabowo-Gibran, salah satunya adalah memperkuat dukungan diplomasi terhadap upaya kemerdakaan dan kedaulatan Palestina.

Tidak hanya itu, paslon tersebut bahkan mencanangkan untuk memperjuangkan pembukaan KBRI di Palestina.

Dalam paparan visi-misinya, paslon Prabowo-Gibran menyatakan akan melanjutkan peran aktif dalam menciptakan perdamaian dunia dalam forum-forum bilateral maupun multilateral sesuai dengan amanat konstitusi.

Selain itu, pasangan itu akan memantapkan supremasi dan kepemimpinan Indonesia di tingkat global di tengah dinamika geopolitik internasional melalui diplomasi yang berdasarkan atas asas bebas-aktif.

"Saya kira begini, sikap Indonesia dari dulu adalah mendukung perjuangan Palestina,” ujarnya.

Di lain pihak, paslon Ganjar Pranowo-Mahfud MD masih irit bicara tentang konflik Palestina-Israel. Keduanya belum banyak membahas atau memapakarkan rencananya ke publik terkait dengan perdamaian Israel.

Gempuran Israel

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Palestina menyatakan bahwa agresi Israel telah menewaskan sebanyak 6.504 orang Palestina.

Melansir Wafa, sebanyak 19.000 orang mengalami luka-luka akibat serangan udara Israel dan penyerangan terhadap warga Palestina di Jalur Gaza dan Tepi Barat.

Sementara itu, di Jalur Gaza, ada sebanyak 6.400 orang yang telah tewas, dan 17.000 orang mengalami luka-luka.

Sebanyak 104 orang tewas di Tepi Barat dan 900 orang dinyatakan terluka. Berdasarkan informasi yang dihimpun, sebanyak 70% yang tewas adalah anak-anak, perempuan dan orang tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper