Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sosok Kombes Ade Safri, Lama Tugas di Kota Kelahiran Jokowi Kini Tangani Kasus Firli

Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Ade Safri Simanjuntak merupakan sosok yang menangani kasus pemerasan pimpinan KPK.
Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak./Istimewa
Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Ade Safri Simanjuntak belakangan menyita banyak perhatian karena menangani kasus pemerasan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kementerian Pertanian (Kementan).

Ade menyampaikan bahwa perkara yang berawal dari pengaduan masyarakat itu resmi naik ke penyidikan pada Sabtu (7/10/2023). Pasalnya, Polda Metro Jaya menduga kasus ini telah mengindikasikan adanya unsur dugaan pidana korupsi.

Dia menjelaskan dugaan pidana korupsi tersebut berupa pemerasan dengan maksud menguntungkan diri sendiri atau orang lain oleh pegawai negeri, menyalahgunakan kekuasaan, memaksa seseorang memberikan sesuatu, menerima pembayaran dengan potongan, serta gratifikasi.

Sejumlah saksi telah diperiksa oleh Ade, mereka di antaranya mantan Syahrul Yasin Limpo, Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar, dan ajudan Firli Bahuri, Kevin Egananta.

Selain itu, belakangan Direktur Dumas KPK Tomi Murtomo, saksi ahli mantan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dan Mochammad Jasin. Hanya saja, khusus untuk Ketua KPK Firli Bahuri saat ini bakal diperiksa Bareskrim polri.

Lantas, bagaimana profil Ade Safri Simanjuntak?

Ade Safri Simanjuntak lahir pada 26 Desember 1974 di Surabaya, Jawa Timur. Dia lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol) pada 1996 dengan spesialisasi dalam bidang Reserse.

Selain Akpol, Ade juga mengikuti pendidikan lainnya mulai dari PTIK, Sespim pada 2010 dan Sesko TNI pada 2022. Berdasarkan catatan Solopos, Ade sempat menjabat sebagai Kasat Lantas Polresta Solo pada 2007 hingga 2010. Kala itu, Joko Widodo tengah menjabat menjadi Wali Kota Solo pada periode 2005-2012.

Pada 2010, Ade diangkat menjadi perwira menengah (pamen) Polda Jateng dan kemudian menjabat sebagai Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jatim.  

Pada awal 2020, Ade kemudian dimutasi kembali ke Polda Lampung dan menjabat sebagai Ditreskrimsus. Namun, pada tahun yang sama Ade kembali ditugaskan menjadi Kapolresta Surakarta.

Kemudian, pada 2023 hingga kini Ade menjabat sebagai Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya menggantikan posisi Kombes Auliansyah Lubis yang menjabat sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper