Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Universitas di Inggris Buka S2 Ilmu Sihir, Ini Bocoran Biaya dan Mata Kuliah yang Akan Dipelajari

Sebuah universitas di Inggris bernama University of Exeter menawarkan program pascasarjana Ilmu Sihir.
Harry Potter1/
Harry Potter1/

Bisnis.com, SOLO - Sebuah universitas di Inggris bernama University of Exeter menawarkan program pascasarjana Ilmu Sihir.

Dilansir dari situs resminya, nama resmi program studi sihir yang ditawarkan oleh University of Exeter tersebut adalah MA Magic and Occult Science.

Motivasi pembentukan jurusan Ilmu Sihir inipun sederhana. University of Exeter berupaya memanfaatkan meningkatnya minat terhadap mata pelajaran ini dengan mata kuliah yang mengeksplorasi sejarah dan dampak ilmu sihir di seluruh dunia terhadap masyarakat dan sains.

Gelar multidisiplin ini rencananya akan dimulai pada September 2024 dan akan memanfaatkan sejarah, sastra, filsafat, arkeologi, sosiologi, psikologi, drama dan agama untuk menunjukkan peran sihir di barat dan timur.

Prof Emily Selove, yang memimpin program studi tersebut, mengatakan bahwa banyak mahasiswa sekarang yang tertarik untuk mempelajari ilmu sihir dari berbagai disiplin ilmy yang berbeda.

“Lonjakan minat terhadap sihir dan okultisme baru-baru ini di dalam dan di luar dunia akademis merupakan inti dari pertanyaan paling mendesak dalam masyarakat kita. Dekolonisasi, eksplorasi epistemologi alternatif, feminisme, dan anti-rasisme merupakan inti dari program ini," katanya.

Untuk masuk ke program ini, Universitas tersebut akan mematok syarat pendaftarnya memiliki gelar Honours 2:2 (atau setara) dalam disiplin ilmu sosial atau humaniora.

Meski demikian jika pelamar berasal dari latar belakang akademis berbeda yang setara dengan tingkat gelar, atau memiliki pengalaman kerja yang relevan, mereka juga akan mempertimbangkannya.

Persyaratan masuk untuk siswa internasional

Selain gelar S1 yang relevan, siswa internasional perlu menunjukkan bahwa mereka memiliki tingkat bahasa Inggris yang diperlukan untuk ikut belajar dalam program studi ilmu sihir ini.

Sebagai informasi, Sekolah Ilmu Sihir hanyalah sebutan. Di sini, mahasiswa tak akan mempelajari ilmu sihir layaknya di film Harry Potter.

Akan tetapi, nantinya mahasiswa akan memilih berbagai modul dalam ilmu humaniora dan ilmu sosial, atau dengan mengkhususkan diri pada bidang tertentu.

Modul inti, ARAM251 Esoterisme dan Tradisi Magis adalah modul yang diajarkan secara tim di mana siswa mengeksplorasi topik-topik utama termasuk sihir di Yunani dan Roma.

Kemudian mahasiswa juga akan memperlajari teks okultisme dalam Yudaisme, Kristen, dan Islam, sejarah sihir, sihir dalam sastra dan cerita rakyat, penipuan dan ilusi, serta sejarah sains dan kedokteran, di antara tema-tema utama lainnya.

Dengan menempatkan program ini di dalam Institut Studi Arab dan Islam, Univesity of Exeter ingin menempatkan kembali warisan budaya Arab-Islam pada tempatnya, di pusat studi-studi ini dan dalam sejarah “Barat.” 

Kemudian adapula mata kuliah yang khusus membahas tentang dekolonisasi, eksplorasi epistemologi alternatif, feminisme, dan anti-rasisme merupakan inti dari program ini.

Setelah Bisnis menelaah maksud dan tujuan dari program studi ini, Magic and Occult Science adalah program studi multidisiplin seperti yang kerap ditawarkan Universitas di wilayah Inggris Raya pada umumnya.

Hanya saja yang menarik, alih-alih menyebut "Kajian Budaya", University of Exeter lebih suka menyebutnya dengan Program Ilmu Sihir dan Ilmu Gaib. 

Untuk mendaftar di program studi tersebut, siswa Internasional bisa membayar antara £24,300 (Rp469 juta) untuk penuh waktu dan £12,150 (Rp234 juta) untuk paruh waktu per tahunnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper