Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arti Sholawat Asyghil, Arab, Keutamaan, dan Cara Mengamalkannya

Simak beberapa penjelasan mengenai sholawat asyghil hingga cara mengamalkannya yang perlu kamu ketahui.
Sholawat Asyghil/Freepik.
Sholawat Asyghil/Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA - Sholawat merupakan salah satu bentuk pujian dan cara umat Islam menghormati Nabi Muhammad SAW. Dalam momen peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, sholawat kerap kali dilantunkan bersama-sama. Kamu juga perlu mengetahui sholawat asyghil. 

Salah satu sholawat yang populer adalah sholawat Asyghil. Sholawat Asyghil memiliki makna sebagai permohonan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW. Sholawat ini juga berupa doa meminta keselamatan dan dijauhkan dari orang-orang yang dzalim.

Berikut ini adalah beberapa hal mengenai sholawat asyghil yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

1. Tulisan Arab dan Arti Sholawat asyghil yang dilansir dari jabar.nu.or.id

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَأَشْغِلِ الظَّالِمِينَ بِالظَّالِمِينَاللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَأَشْغِلِ الظَّالِمِينَ بِالظَّالِمِينَوَأَخْرِجْنَا مِنْ بَيْنِهِمْ سَالِمِينَ وَعلَى الِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِين

Allahumma Shalli Ala Sayyidina Muhammadin, Wa Asyghili Dzalimin bi DzaliminAllahumma Shalli Ala Sayyidina Muhammadin, Wa Asyghili Dzalimin bi DzaliminWa Akhrij-na min Bainihim Saalimin, wa Ala Aalihi wa shahbihi Ajmain

Artinya: “Ya Allah, berikanlah shalawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad, dan sibukkanlah orang-orang dzalim agar mendapat kejahatan dari orang dzalim lainnya, selamatkanlah kami dari kejahatan mereka. Dan berikanlah sholawat kepada seluruh keluarga dan para sahabat beliau.”

2. Keutamaan sholawat asyghil yang dilansir dari nu.or.id

  • Dihapus dosa oleh Allah 

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحَطَّ عَنْهُ عَشْرَ خَطِيئَاتٍ

“Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh shalawat dan menghapus darinya sepuluh dosa.” (HR. Ahmad).

  • Diangkat derajatnya oleh Allah

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

“Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh shalawat, menghapus darinya sepuluh dosa dan mengangkat derajatnya sepuluh derajat.” (HR. An Nasa’i).

  • Mendapat pertolongan Allah SWT dalam banyak hal 

Ada perbedaan redaksi pada bagian paling akhir shalawat asyghil yang dinyanyikan saat puncak perayaan 1 Abad NU, yaitu berbunyi "wasallim". Sedangkan selama ini yang popular dinyanyikan berbunyi "ajma'in".

  • Dicintai Rasulullah SAW

أَوْلَى النَّاسِ بِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً

“Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku.” (HR Tirmidzi).

3. Cara mengamalkan sholawat asyghil 

  • Pilih malam yang tepat. Sebelum mewiridkan sholawat ini, sebaiknya pilihlah terlebih dahulu saat yang tenang dan tepat, bila sudah disiapkan, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mandi wajib untuk membersihkan diri dari kotoran seperti najis dan sebagainya.
  • Membaca atau menghafal sholawat Asyghil terlebih dahulu.
  • Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Setelah membaca sholawat Asyghil, dianjurkan untuk membaca sholat nabi, agar amalan ini lebih cepat terkabulnya.
  • Mulai mewiritkan. Setelah mandi, lanjutkan dengan sholat hajat 2 rakaat sambil memohon kepada Allah SWT. Lalu khusukan Al-Fatiha kepada musuh Anda sebanyak 7 kali. Setelah itu, barulah membaca sholawat Asyghil sebanyak 1000 kali yang dilakukan selama 7 malam berturut-turut.

Itulah beberapa hal mengenai bacaan sholawat asyghil dan artinya yang mungkin belum kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper