Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bacaan Sholawat Nariyah, Lafadz, Keutamaan, dan Manfaatnya

Salah satu sholawat populer di kalangan umat Islam yaitu sholawat nariyah. Berikut bacaan sholawat nariyah yang perlu diamalkan.
Lafal Sholawat Nariyah, Keutamaan, dan Manfaatnya/Freepik
Lafal Sholawat Nariyah, Keutamaan, dan Manfaatnya/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Perintah bersholawat kepada Nabi ada di dalam QS Al Ahzab ayat 56. Salah satu sholawat yang populer yaitu sholawat nariyah. Biasanya dibaca ketika pengajian ataupun menjelang sholat fardhu di mushola. 

Lalu, seperti apa bacaan sholawat nariyah tersebut? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Sholawat Nariyah dan Artinya

Berikut ini bacaan sholawat nariyah Arab, latin, beserta artinya yang bisa dibaca dan dihafalkan supaya memperoleh kebaikan dari Allah SWT :

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ  ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Shalawat nariyah latin :

Allaahumma shalli shalaatan kaamilatan wa sallim salaaman taamman `alaa sayyidinaa Muḫammadinil-ladzi tanḫallu bihil-`uqadu wa tanfariju bihil-kurabu wa tuqdlaa bihil-ḫawaaiju wa tunaalu bihir-raghaa’ibu wa ḫusnul-khawaatimi wa yustasqal-ghamaamu biwajhihil-kariimi wa `alaa aalihi wa shaḫbihi fî kulli lamḫatin wa nafasin bi`adadi kulli ma`luumilak.

Artinya: 

"Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau,".

Keutamaan Sholawat Nariyah

Banyak risalah yang menerangkan bahwa keutamaan sholawat sangatlah banyak. Menurut seorang ulama Sunni dari Mekah, Sayyid Muhammad bin Abbas al-Maliki mengatakan bahwa pena dan buku tidak akan mampu menghimpun keutamaan bershalawat. Berikut ini beberapa keutamaan diantaranya :

1. Amalan pembuka rezeki

Bacaan sholawat nariyah dapat menjadi amalan pembuka rezeki. Kalau rezeki dirasa sedang sulit sebaiknya membaca sholawat nariyah sebanyak 90 kali setiap hari, niscaya Allah akan memudahkan dan membuka pintu rezeki yang tidak pernah terputus. 

2. Dimudahkan segala urusan

Disebutkan dalam Khazinatul Asrar karangan Syekh Muhammad Haqqi Nazili, Syekh ad-Daynury pernah mendapatkan kelancaran rezeki yang datang dari jalan yang tidak disangka-sangka berkat rutin sholawat nariyah 11 kali setelah sholat. 

3. Dikabulkan hajatnya

Dari hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Mundah dan Jabir, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang bershalawat kepadaku sehari 100 kali, maka Allah akan mengijabahi hajatnya yakni 70 hajatnya di akhirat dan 30 di dunia.”

4. Mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW

Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah SWT akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah SWT. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.”

Manfaat Sholawat Nariyah

Begitu banyak manfaat yang diperoleh dari sholawat nariyah. Barangsiapa yang bershalawat kepada Nabi, maka Allah akan memberi pahala yang berlipat ganda dan akan memberikan banyak kebaikan kepada yang membacanya, seperti yang dikatakan oleh Abu Hurairah dalam riwayat Imam Muslim :

مَنْ صَلَّي عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى الله عَلَيْهِ عَشْرًا

Artinya: 

“Nabi Muhammad SAW bersabda : barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali”.

Demikian bacaan sholawat nariyah arab, sholawat nariyah latin, beserta artinya yang bisa kita amalkan secara rutin supaya mendapatkan keutamaan-keutamaan seperti yang telah disebutkan di atas, salah satunya mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW di Yaumil Akhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper