Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bacaan Sholawat Busyro Lengkap, Keutamaan, dan Artinya

Berikut ini bacaan sholawat busyro beserta artinya yang bisa kamu amalkan agar bisa menghapuskan dosa
Bacaan Sholawat Busyro Lengkap, Keutamaan, dan Artinya/Freepik.
Bacaan Sholawat Busyro Lengkap, Keutamaan, dan Artinya/Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA - Sholawat merupakan pujian dan pengagungan kepada Nabi Muhammad SAW. Kalimat ini juga bisa mengacu pada himbauan untuk mengirimkan salam dan berdoa kepada Nabi Muhammad SAW. Bacaan sholawat memiliki peran penting dalam tradisi dan kehidupan keagamaan umat muslim di Indonesia. Kamu juga perlu mengetahui apa itu sholawat busyro

Sholawat busyro merupakan sholawat Ghairu Ma’tsurah yang dijazahkan oleh Habib Segaf bin Hasan Baharun. Bacaan Sholawat ini diamalkan sebagai doa sehari-hari, Fadhillah sholawat busyro jika dibaca 41 kali dalam sholat subuh, maka bisa melancarkan rezeki, membawa kegembiraan dan kesenangan, melancarkan urusan dan mengabulkan segala hajat. 

Berikut ini adalah beberapa hal mengenai sholawat busyro yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

  • Keutamaan sholawat busyro 

  • Sholawat yang memiliki kedudukan tinggi 

Sholawat Busyro ini diijazahkan langsung oleh Rasulullah SAW kepada salah satu putra Habib Hasan Baharun. Hal ini menunjukkan bahwa sholawat ini memiliki kedudukan tinggi dan istimewa di sisi Allah SWT dan Rasulullah SAW. 

  • Menghapuskan dosa 

Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits:

"Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali, dan dihapuskan darinya sepuluh kesalahan (dosa), serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan." (HR. An-Nasa'i).

Dari hadits tersebut, bisa disimpulkan bahwa sholawat ini merupakan amalan yang bisa menghapuskan dosa dan kesalahan kita selama hidup di dunia. 

  • Mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW

Sholawat Busyro ini merupakan salah satu sholawat Nabi Muhammad SAW. Oleh sebab itu, bagi umat muslim yang mengamalkan sholawat ini, kelak akan mendapatkan syafaat atau pertolongan dari Nabi Muhammad di hari kiamat.

Menurut Dr. Al Habib Segaf bin Hasan Baharun, sholawat ini dapat memudahkan kita dalam mendapatkan kelapangan hidup, yaitu terhindar dari kesulitan dan menghindarkan diri dari segala ketakutan dan kekhawatiran.

  • Mendekatkan diri kepada Rasulullah 

Melantunkan Sholawat Busyro ini dapat menjadi cara untuk menunjukkan rasa cinta dan penghormatan kepada Nabi Muhammad yang merupakan suri tauladan umat muslim. Oleh karena itu, jika mengamalkan sholawat ini akan semakin dekat dan mengenal sosok Rasulullah SAW.

  • Mendatangkan rezeki dan memberikan kemudahan di dunia akhirat 

Hal ini diperkuat dalam sebuah hadits. Rasulullah bersabda: 

"Barangsiapa yang bershalawat kepadaku pada hari Jumat sebanyak 80 kali, maka Allah akan mengampuni dosanya selama 80 tahun." (HR. Thabrani).

  • Bacaan sholawat busyro 

‎ اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ صَاحِبِ الْبُشْرى صَلَاةً تُبَشِّرُنَابِهَا وَاَهْلَنَا وَاَوْلَادَنَا وجَمِيْعَ مَشَايِخِنَا وَمُعَلِّمِنَا وَطَلَبَتَنَا وَطَالِبَاتِنَامِنْ يَوْمِنَاهذَااِلى يَوْمِ الْأَخِرَةِ 

“Allaahumma shalli wa sallim 'alaa Sayyidinaa Muhammadin shaahibil busyraa shalaatan tubasysyiruna bihaa wa ahlanaa wa awlaadanaa wa jamii'a masyaayikhinaa wa mu'alliminaa wa thalabatanaa wa thaalibaatinaa min yawminaa haadzaa ilaa yawmil aakhirah”

Artinya: "Ya Allah, semoga rahmat dan keselamatan senantiasa tercurah limpahkan kepada junjungan kami Baginda Nabi Muhammad pemilik kabar gembira yang memberi kabar gembira kepada keluarga kami, anak-anak kami, guru-guru kami, para pengajar kami, dan siswa-siswi kami sejak hari ini hingga sampai hari akhirat."

Itulah beberapa hal mengenai sholawat busyro yang mungkin belum kamu ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper