Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Kapal Angkatan Laut Ukraina yang Hancur dan Disita Rusia

Berikut ini merupakan daftar kapal angkatan laut Ukraina yang hancur dan disita Rusia.
Kapal Ukraina ditahan di Selat Kerch. Gambar diambil dari video yang dirilis oleh Dinas Keamanan Federal Rusia./Reuters
Kapal Ukraina ditahan di Selat Kerch. Gambar diambil dari video yang dirilis oleh Dinas Keamanan Federal Rusia./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Angkatan laut Ukraina terdiri dari lima komponen termasuk pasukan permukaan laut, pasukan kapal selam, penerbangan angkatan laut, artileri roket pesisir dan infanteri angkatan laut.

Menurut neraca militer 2021, angkatan laut Ukraina memiliki total sekitar 11.000 personel. Kapal Angkatan Laut Ukraina termasuk 1 fregat kelas Hetman Sagaidachny Krivak III, 12 kapal patroli dan pesisir termasuk 1 Albatros (Proyek 1124P Grisha II), dua Slavyansk (bekas Pulau AS), 1 Vekhr (FSU Matka), 7 Gyurza-M (Proyek 51855) dan satu Grif-M (FSU Zhuk).

Angkatan Laut Ukraina juga dilengkapi dengan satu kapal penambang ranjau Korund (Proyek 1258 Yevgeny), satu kapal pendarat Proyek 773I (Polnochny C) serta delapan kapal logistik dan pendukung termasuk BU 1 Proyek 419 (Sura), kapal tambahan AG 1 Bereza, AGI (kapal pengumpul intelijen) Muna, 1 AKL (kapal barang/ringan), 1 AWT (Water Tanker) Sudak dan 3 AXL (training craft/light/sail) Petrushka.

Dua kapal perang kelas Gyurza-M ditangkap. Kelas Project 58155 Gyurza-M adalah serangkaian kapal perang lapis baja kecil yang dipersenjatai dengan dua stasiun senjata laut kendali jarak jauh BM-5M.01 Katran-M, satu senapan otomatis 30mm ZTM-1, senapan mesin CT 7,62mm, dan dipandu laser. sistem pertahanan udara portabel manusia (MANPADS).

Satu P190 Slovyansk, sebuah kapal patroli kelas Pulau, kelas pemotong juga dalam pelayanan dengan Penjaga Pantai Amerika Serikat yang dipersenjatai dengan satu senapan rantai Mk 38 25 mm dan dua senapan mesin kaliber .50 M2.

Dua kapal patroli kelas Zhuk ditangkap, juga dikenal sebagai Proyek 1400M "Grif", adalah kapal patroli perbatasan kecil dengan bobot kurang dari 40 ton yang dibangun di Uni Soviet dan kemudian di Ukraina. Kapal ini dipersenjatai dengan dua senapan mesin kembar 12,7 mm.

Satu kapal tunda laut kelas Sorum dan enam kapal patroli kecil termasuk BG 8, BG 311, BG 14, BG 24, BG 310, dan yang terakhir tidak ada identifikasi.

Pada 3 Maret 2022, dilaporkan bahwa fregat Ukraina Hetman Sahaidachny ditenggelamkan di pelabuhan Mykolaiv untuk mencegah penangkapannya oleh pasukan Rusia. Pada hari yang sama, kapal patroli Slavyansk ditenggelamkan oleh rudal anti kapal dari angkatan laut Rusia.

Pada 14 Maret, sumber Rusia RT melaporkan bahwa Angkatan Bersenjata Rusia telah menangkap sekitar selusin kapal Ukraina di Berdyansk.

Kapal-kapal yang dilaporkan ditangkap termasuk dua kapal artileri kelas Gyurza-M (termasuk kapal Akkerman), kapal misil kelas Matka Pryluky, sebuah korvet kelas Proyek 1124P (Grisha II), sebuah kapal patroli kelas Zhuk, sebuah kapal patroli kelas Yevgenya- penyapu ranjau kelas, kapal pendarat kelas Polnocny Yuri Olefirenko dan kapal pendarat kelas Ondatra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper