Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tulisan Husnul Khotimah Arab, Latin, dan Artinya

Berikut ini merupakan pengertian, hingga tulisan husnul khotimah dengan arti sebuah akhir yang baik
Tulisan Husnul Khotimah Arab, Latin, dan Artinya/Freepik.
Tulisan Husnul Khotimah Arab, Latin, dan Artinya/Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam bahasa arab, husnul diambil dari kata hasan yang artinya baik. Sedangkan khotimah artinya semuah akhir. Jadi, husnul khotimah artinya sebuah akhir yang baik. Arti secara umum adalah sebuah kematian yang berakhir dalam kondisi yang baik atau diridhoi Allah SWT. 

Banyak dari umat islam yang mengira bahwa husnul khotimah dan khusnul khotimah memiliki arti yang sama. Padahal kedua hal ini memiliki makna yang berbeda. Secara umum, kedua ungkapan ini sering kali diucapkan sebagai bentuk belasungkawa kepada orang yang sudah meninggal dan bertujuan untuk mendoakan orang tersebut. 

Berikut ini adalah beberapa hal mengenai husnul khotimah yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

  • Pengertian Husnul Khotimah

Istilah husnul khatimah sudah menjadi kosa kata yang sering kita dengar dalam percakapan sehari-hari. Istilah ini digunakan untuk mengungkaapkan keadaan orang yang meninggal dunia dalam keadaan baik. Allah swt. Mengingatkan kepada orang-orang yang beriman agar senantiasa keislamannya sampai ajal datang, sebagaimana firman-Nya:

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar- benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam Keadaan beragama Islam. (QS. Ali Imran [3]: 102)

Begitu juga Allah memerintahkan kepada umat manusia untuk menjaga kemurnian aqidahnya dengan cara hanya menyembah kepada Allah sampai dengan datangnya sesuatu yang pasti (kematian). Allah Swt. berfirman:

Artinya: dan sembahlah Tuhanmu sampai datang kepadamu yang diyakini (ajal). (QS. Al-Hijr [15]: 99)

  • Doa yang harus dibaca agar mati dalam keadaan husnul khotimah yang dilansir dari jatim.nu.or.id

اللّهُمَّ أَكْرِمْ هٰذِهِ الْأُمَّةَ الْمُحَمَّدِيَّةَ بِجَمِيْلِ عَوَائِدِكَ فِى الدَّارَيْنِ إِكْرَامًا لِمَنْ جَعَلْتَهَا مِنْ أُمَّتِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم

Allâhumma akrim hâdzihil ummatal muhammadiyyata bi-jamîli ‘awâidika fid dâraini ikrâman liman ja'altahâ min ummatihi shallallâhu 'alaihi wa sallam. 

Artinya: “Ya Allah, muliakanlah umat Nabi Muhammad dengan keindahan orang-orang yang kembali kepada-Mu di dunia dan akhirat, sebagai penghormatan-Mu kepada orang yang telah Engkau jadikan bagian dari umatnya”

  • Arti khusnul khotimah  

Arti khusnul khotimah kerap kali diasumsikan sebagai meninggal dalam keadaan baik. Padahal, itu tidak benar. Arti khusnul khotimah adalah sebuah akhir yang hina. Arti khusnul khotimah ini sangat jauh berbeda dengan husnul khotimah yang harusnya diucapkan ketika berdoa.

Jadi, arti khusnul khotimah sangatlah buruk untuk diucapkan saat berdoa maupun mendoakan orang lain. Bila ingin mengucapkan dan mendoakan kebaikan, kamu harus mengucapkan atau menuliskan husnul khotimah, bukan khusnul khotimah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper