Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Irit Bicara Soal Sosok Menkominfo Baru Pengganti Johnny G Plate

Jokowi belum memutuskan dalam waktu dekat pengganti Johnny G Plate sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).
Jokowi Irit Bicara Soal Sosok Menkominfo Baru Pengganti Johnny G Plate / Setpres
Jokowi Irit Bicara Soal Sosok Menkominfo Baru Pengganti Johnny G Plate / Setpres

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum memutuskan dalam waktu dekat pengganti Johnny G Plate sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Hal ini disampaikannya saat lepas landas bersama Ibu Iriana Jokowi dan delegasi terbatas melakukan kunjungan kerja ke Singapura dan Malaysia pada 7-8 Juni 2023, di Halim Perdana Kusuma, Rabu (7/6/2023).

“Belum [ditentukan pengisi jabatan Menkominfo],” ujarnya singkat.

Lebih lanjut, Kepala Negara pun tetap irit bicara ketika kembali dipertegas apakah jabatan Menteri pengganti Johnny G Plate akan diisi oleh orang dari partai NasDem kembali.

“Belum [dapat saya katakan],” pungkas Jokowi.

Adapun, saat ini kursi Menkominfo diisi oleh pelaksana tugas (Plt) Mahfud MD usai kasus dugaan korupsi BTS BAKTI Kemkominfo yang menimpa Johnny G Plate.

Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin pun mengatakan masyarakat tetap sabar menunggu penunjukkan Menkominfo definitif, sebab hal tersebut merupakan hak penuh Presiden untuk menentukan waktunya.

“Mengenai soal Menkominfo yang definitif, tunggu saja pengumuman dari Presiden saja, nanfi Presiden yang akan mengumumkan,” ujarnya di Kantor Pusat Bank BSI Gedung The Tower, Jumat (26/5/2023).

Orang nomor dua di Indonesia itu juga mengaku bahwa informasi nama yang akan pengganti jabatan menkominfo dan keputusan perombakan (reshuffle) kabinet merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Informasinya [nama menkominfo baru] masih di tangan Presiden, [sedangkan reshuffle] tunggu saja, karena reshuffle itu kan juga hak prerogatif presiden,” tandas Ma’ruf .

Dalam kesempatan yang sama, Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Informasi (Juru Bicara) Wapres Masduki Baidlowi pun berkelakar sambil menimpali bahwa informasi mengenai waktu pengukuhan Menkominfo sebenarnya sudah di tangan Wapres, tetapi nama yang akan dipilih berada di tangan Presiden.

“Informasi sudah ada dikantongnya Wapres, tetapi [kalau] namanya ada di tangan Presiden,” ujar Masduki.

Menurut catatan Bisnis, beberapa nama tokoh santer belakangan untuk mengisi kursi Kemkominfo seperti Wishnutama Kusubandio, Andika Perkasa, dan Hary Tanoesoedibjo yang digadang-gadang Wakil Sekretaris Jendral Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Anthony Leong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper