Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Polri Terus Dalami Dugaan Pidana Dua Produsen Obat Penyebab Gagal Ginjal Akut

Polri terus lakukan pendalaman terhadap 2 perusahaan farmasi yang diduga melakukan pidana terkait penggunaan EG dan DEG berlebih pada obat sirop anak.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 25 Oktober 2022  |  07:28 WIB
Polri Terus Dalami Dugaan Pidana Dua Produsen Obat Penyebab Gagal Ginjal Akut
Polri Terus Dalami Dugaan Pidana Dua Produsen Obat Penyebab Gagal Ginjal Akut. Ilustrasi anak minum obat sirup cair - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Polri masih terus melakukan pendalaman penyelidikan terhadap dua perusahaan farmasi yang diduga melakukan tindak pidana terkait dengan penggunaan etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) melampaui ambang batas aman pada obat sirop anak.

Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Brigjen Pol Pipit Rismanto mengatakan bahwa pihaknya masih mendalami hal tersebut bersama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Masih kami dalami [kedua perusahaan tersebut] bersama BPOM,” ujar Pipit saat dihubungi wartawan, Senin (24/10/2022) malam.

Pipit juga menyampaikan bahwa terkait pelaksanaan sidak dan penindakan ke beberapa pasar atau apotek yang masih menjual produk berbahaya tersebut akan dilakukan oleh BPOM.

“Untuk kegiatan sidak dilakukan oleh pihak BPOM,” imbuhnya.

Sekadar informasi, kandungan EG dan DEG yang berlebih pada obat sirop diduga menjadi penyebab kasus gagal ginjal akut pada anak.

Kepala BPOM Penny K. Lukito menjelaskan bahwa ambang batas aman EG dan DEG dalam obat hanya sebesar 0,5 mg per kilogram berat badan per hari.

"Dalam proses ini juga kami sudah mendapatkan dua perusahaan di industri farmasi yang akan kami tindak lanjuti menjadi pidana," katanya dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Senin (24/10/2022).

Namun, Penny tak memerinci nama perusahaan farmasi yang dimaksud. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polri BPOM obat sirup gagal ginjal industri farmasi
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top