Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Profil Adang Daradjatun, Eks Wakapolri yang Jadi Ketua MKD DPR

Adang Daradjatun resmi menjadi Ketua Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR menggantikan Aboe Bakar Al-Habsy.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 27 September 2022  |  19:28 WIB
Profil Adang Daradjatun, Eks Wakapolri yang Jadi Ketua MKD DPR
Profil Adang Daradjatun, Eks Wakapolri yang Jadi Ketua MKD DPR - adangdaradjatun.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Adang Daradjatun resmi menjadi Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR menggantikan Aboe Bakar Al-Habsy lewat rapat penetapan yang diselenggarakan pada hari ini, Selasa (27/9/2022).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPR Rachmad Gobel. Menurut Gobel, pengangkatan Adang menjadi ketua MKD sesuai surat dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR nomor 254/TSTF-F-PKS/DPR RI/IX/2022 tertanggal 22 September 2022.

“Sesuai dengan surat Fraksi PKS dengan ini kami selaku pimpinan dewan menetapkan, dr Drs. H. Adang Daradjatun nomor anggota 426 dari Fraksi PKS menjadi ketua MKD dan menggantikan saudara Habib Aboe Bakar Al-Habsy nomor anggota 454. Apakah dapat disetujui?” ujar Gobel diikuti ketukan palu, di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Dilansir dari situs pribadinya, adangdaradjatun.id, Adang merupakan mantan Wakil Kepala Polri (Wakapolri). Sejak kecil, dia mengaku sudah bercita-cita menjadi seorang polisi, meski ayahnya yang merupakan seorang jaksa, sempat menentang keinginan anaknya tersebut.

Oleh sebab itu, Adang akhirnya menempuh pendidikan di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI). Dia akhirnya memulai karier sebagai Inspektur Dinas Komando Sektor Kota 711 Jakarta Pusat pada 1971.

Kariernya terus menanjak sehingga Adang ditunjuk menjadi Kapolsek Kebayoran Lama Jakarta Selatan pada 1980. Saat itu, dia berpangkat Kapten Polisi.

Pada 1987, dia akhirnya ditarik menjadi ke Mabes Polri sebagai Kabag Sospol Direktorat Intelijen dan Pengamanan. Pada 2020, pria kelahiran Bogor itu juga sempat menjadi Kapolda Jawa Barat.

Lalu, sejak 2001 Adang ditunjuk sebagai Koordinator Staf Ahli Kapolri (Korsahli). Setahun kemudian, dia menjabat Kababinkam atau Kepala Badan Pembinaan Keamanan Polri, yang membawahi Direktorat Samapta, Lalu lintas, Polisi Perairan, Polisi Udara, dan Pengamanan Obyek Khusus.

Akhirnya, pada 2004 Adang diangkat menjadi Wakapolri dengan tugas lebih pada mengkoordinasi seluruh kegiatan staf Mabes Polri. Saat itu, dia sudah berpangkat Komisaris Jenderal atau bintang tiga polisi.

Pada Pilkada DKI Jakarta 2007, diketahui Adang sempat menjadi calon gubernur, berpasangan dengan Dani Anwar. Mereka diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Namun, mereka kalah dari pasangan Fauzi Bowo dan Prijanto.

Pada 2009 hingga kini, Adang terpilih menjadi anggota DPR RI dari PKS. Dia mewakili daerah pemilihan DKI Jakarta III, yaitu Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu.

Pada hari ini, Selasa (17/9/2022), Adang dipercaya menjadi Ketua MKD DPR RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

MKD-Mahkamah Kehormatan Dewan pks dpr
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top