Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PAN Tunjuk Yandri Susanto Wakil Ketua MPR Gantikan Zulkifli Hasan

DPP PAN memutuskan menunjuk Yandri Susanto sebagai Wakil Ketua MPR RI menggantikan Zulkifli Hasan yang kini sebagai Menteri Perdagangan.
DPP PAN memutuskan menunjuk Yandri Susanto sebagai Wakil Ketua MPR RI menggantikan Zulkifli Hasan yang kini sebagai Menteri Perdagangan./Antara
DPP PAN memutuskan menunjuk Yandri Susanto sebagai Wakil Ketua MPR RI menggantikan Zulkifli Hasan yang kini sebagai Menteri Perdagangan./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - DPP PAN memutuskan menunjuk Yandri Susanto sebagai Wakil Ketua MPR RI menggantikan Zulkifli Hasan yang kini sebagai Menteri Perdagangan.

"DPP PAN telah menetapkan pengganti Bang Zulkifli Hasan di posisi Wakil Ketua MPR RI adalah Yandri Susanto," kata Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi di Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Keputusan tersebut diambil secara musyawarah mufakat dalam Rapat Harian DPP PAN, sehingga tidak ada pemungutan suara.

DPP PAN meyakini bahwa Yandri bisa melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai pimpinan MPR sebagai lembaga negara pemersatu bangsa, menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan merawat paham kebangsaan Indonesia.

"Karena bagi PAN, terkait dengan posisi kader dan anggota Fraksi PAN di DPR dan MPR adalah tentang pembagian tugas, peran, dan kerja buat partai, terutama memberi manfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, surat DPP PAN terkait dengan penunjukan Yandri tersebut akan diserahkan oleh Ketua Fraksi PAN MPR RI Jon Erizal kepada pimpinan MPR RI.

Yandri saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi VIII DPR RI dan merupakan anggota DPR RI selama tiga periode. Di DPP PAN, saat ini Yandri menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP PAN.

Rekam Jejak

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengungkapkan bahwa Fraksi PAN MPR RI telah mengirimkan surat bernomor 024/K-S/F-PAN-MPR/VI/2022 kepada Pimpinan MPR RI, menunjuk Yandri Susanto sebagai Wakil Ketua MPR RI menggantikan Zulkifli Hasan (Zulhas).

"Pimpinan MPR RI sangat senang menerima kehadiran Mas Yandri. Kita siap bekerja sama menuntaskan berbagai agenda MPR RI," kata Bambang Soesatyo di Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Dia mengatakan, pengucapan sumpah jabatan Yandri Susanto sebagai Wakil Ketua MPR RI rencananya akan dilakukan pada Kamis (30/6/2022) di MPR RI, disaksikan pimpinan MPR, pimpinan fraksi MPR, dan pimpinan kelompok DPD.

Menurut dia, Yandri bukan orang baru di parlemen, rekam jejaknya selama tiga periode di parlemen sangat bagus terbukti saat ini dipercaya menjabat Ketua Komisi VIII DPR RI.

Jam terbangnya dalam politik juga sangat mumpuni, antara lain: menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (2020–2025).

Kemudian, Ketua DPP PAN (2015–2020), Ketua Umum DPP BM PAN (2011–2016), Ketua Bidang Pariwisata KNPI (2008–2011), Sekretaris Jenderal DPP BM PAN (2006–2011), serta Wakil Sekretaris Jenderal DPP

Dia menjelaskan, agenda terdekat yang dihadapi MPR RI yaitu menyukseskan Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2022 yang diselenggarakan di Gedung Nusantara, pada 16 Agustus 2022.

Menurut dia, sesuai hasil rapat konsultasi pimpinan MPR dengan berbagai pimpinan lembaga negara seperti DPD RI, MA, MK, BPK, dan KY yang dilakukan pada tahun 2020 disepakati bahwa Sidang Tahunan MPR RI rencananya akan memfasilitasi para pimpinan lembaga negara menyampaikan secara langsung laporan kinerja-nya selama setahun terakhir kepada rakyat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper