Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AS Ingatkan Sekutu: Jangan Tertipu Mundurnya Pasukan Rusia di Kiev

Amerika Serikat memperingatkan sekutunya agar tidak tertipu oleh pengumuman Rusia tentang pengurangan pasukan militernya di sekitar ibu kota Ukraina, Kiev.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 30 Maret 2022  |  11:10 WIB
Pasukan Rusia menggunakan tank dan senjata untuk membombardir kota-kota di Ukraina - Ukrinform.net
Pasukan Rusia menggunakan tank dan senjata untuk membombardir kota-kota di Ukraina - Ukrinform.net

Bisnis.com, JAKARTA — Amerika Serikat memperingatkan sekutunya agar tidak tertipu oleh pengumuman Rusia tentang pengurangan pasukan militernya di sekitar ibu kota Ukraina, Kiev.

Direktur Komunikasi Gedung Putih, Kate Bedingfield mengatakan bahwa penting untuk melihat dengan jernih tentang realitas apa yang terjadi di lapangan, bukan sekadar janji.

"Setiap gerakan pasukan Rusia di sekitar Kiev adalah penempatan kembali dan bukan penarikan diri," katanya seperti dikutip TheGuardian.com, Rabu (30/3/2022).

Pernyataan itu menegaskan komentar yang datang dari Pentagon sebelumnya yang memperingatkan bahwa Kiev tetap di bawah ancaman.

Rusia sendiri melalui negosiator utama Moskow dalam pembicaraan dengan Ukraina, Vladimir Medinsky, berjanji untuk mengurangi secara drastis operasi militer di sekitar Kiev. Hanya saja Rusia tidak menyebutnya sebagai gencatan senjata.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky baru saja mengatakan bahwa meskipun sinyal dari pembicaraan di Turki positif, tapi hal itu tidak meredam ledakan peluru Rusia yang menghujani Ukraina.

“Kami melihat sejumlah kecil pasukan sekarang yang tampaknya menjauh dari Kiev, ini pada hari yang sama ketika Rusia mengatakan mereka mundur, tapi kami tidak siap untuk menyebut ini mundur atau bahkan meninggalkan lokasi. Kami berpikir bahwa apa yang mungkin mereka pikirkan adalah reposisi untuk memprioritaskan di tempat lain," kata juru bicara Pentagon John Kirby.

Kirby mengimbau sekutu untuk waspada terhadap serangan besar-besaran terhadap wilayah lain di Ukraina. Dia menyebut Rusia telah gagal dalam tujuannya untuk merebut Kiev, tetapi mereka masih dapat menimbulkan kebrutalan besar-besaran di negara itu termasuk di Kiev.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat Rusia Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top