Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apa Itu Malam Nisfu Syaban?

Malam Nisfu Syaban jatuh setiap tanggal 15 bulan kedelapan dari kalender Hijriah. Ia menjadi menjadi salah satu peringatan penting bagi umat Islam.
Ilustrasi/Pexels.com
Ilustrasi/Pexels.com

Bisnis.com, SOLO - Jelang bulan Suci Ramadan, umat Islam akan bertemu dengan malam Nisfu Syaban. Namun, apakah malam Nisfu Syaban itu?

Dalam hadis riwayat Nasai No. 2356, Ahmad No. 21753, dan disahihkan oleh Ibnu Khuzaimah, disebutkan bahwa malam Nisfu Syaban adalah saat di mana catatan amal setiap manusia akan dilaporkan kepada Allah SWT.

".... Syaban adalah bulan yang dilupakan oleh orang-orang antara bulan Rajab dan Ramadan. Bulan Syaban adalah bulan laporan amal kepada Allah. Maka saya senang amal saya dilaporkan sementara saya dalam kondisi berpuasa."

Tak hanya itu, momen tersebut juga menjadi istimewa karena merupakan malam dikabulkannya doa atau Lailah Al-Ijabah, seperti yang disebutkan dalam hadis Ibnu Abbas.

"Lima malam tidak akan ditolak doa di dalamnya, Malam Jumat, Malam Pertama dari bulan Rajab, malam Nisfu Syaban, malam Lailatul Qadar, malam hari raya Iduladha dan Idulfitri."

Di sisi lain, malam Nisfu Syaban juga menjadi saat di mana dosa-dosa orang mukmin diampuni, seperti yang dijelaskan dalam hadis riwayat Baihaqi.

[Rahmat] Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Syaban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian [kemunafikan]."

Oleh sebab itu, pada malam Nisfu Syaban ini, umat Islam pun dianjurkan untuk melakukan amalan sebanyak-banyaknya, seperti membaca doa, membaca dua kalimat syahadat, dan memperbanyak istigfar.

Tak sedikit pula yang membaca surat Yasin sebanyak tiga kali karena dalam hadis riwayat Tirmizi dikatakan, "Sungguh setiap sesuatu memiliki jantung, dan jantung Alquran adalah surah Yasin. Barangsiapa yang membacanya, niscaya Allah akan mencatat [pahala] untuknya [seperti pahala] membaca Alquran sebanyak 10 kali.”

Nah, lalu kapan malam Nisfu Syaban ini tiba?

Malam Nisfu Syaban jatuh pada pertengahan bulan Syaban atau tiap tanggal 15 bulan kedelapan kalender Islam.

Dikutip dari laman NU Online, Kamis (17/3/2022), Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) telah memutuskan bahwa awal bulan Syaban 1443 H jatuh pada 4 Maret 2022.

Dengan demikian, dalam penanggalan Masehi, malam Nisfu Syaban tahun ini jatuh pada hari Jumat (18/3/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper