Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak! Ini Amalan yang Bisa Dikerjakan di Bulan Syawal

Saat bulan Syawal seorang Muslim berpuasa akan tetapi berbeda dengan bulan Ramadan, puasa pada bulan Syawal hukumnya adalah sunnah.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 07 Mei 2022  |  14:41 WIB
Ilustrasi seorang pria sedang membaca niat puasa - Freepik
Ilustrasi seorang pria sedang membaca niat puasa - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah Bulan Ramadan berlalu, umat Muslim dianjurkan untuk terus meningkatkan ibadah pada bulan selanjutnya yaitu bulan Syawal, karena secara etimologis juga kata Syawal ini memiliki arti peningkatan.

Mengutip dari jateng.kemenag.go.id pada Jum’at (6/5/2022), pasca Ramadan seorang muslim akan terlahir kembali seperti kertas yang masih bersih dan pada bulan Syawal ini kualitas keimanan dan ketakwaannya akan mengalami peningkatan

Nah, untuk itu simak beberapa amalan yang dapat dilakukan pada bulan Syawal yang dilansir dari Nu.or.id pada Jum’at (6/5/2022), antara lain:

Puasa 6 Hari di Bulan Syawal

Tidak hanya di bulan Ramadan saja umat Muslim berpuasa, tetapi pada bulan Syawal juga seorang Muslim berpuasa akan tetapi berbeda dengan bulan Ramadan, puasa pada bulan Syawal hukumnya adalah sunnah.
Walaupun sunnah, puasa di bulan Syawal akan mendapatkan pahala seperti berpuasa selama setahun. Nabi bersabda :

“Barang siapa berpuasa Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan enam hari dari Syawal, maka seperti pahala berpuasa setahun” (HR. Muslim).

Selain sebagai penambah pahala, puasa dibulan Syawal juga memiliki keutamaan sebagai tanda syukur umat Muslim kepada Allah SWT, hal itu berlandaskan hadits yang diriwayatkan oleh Sahabat Abu Hurairah ra:

Siapa saja yang berpuasa Ramadhan dengan dasar iman, dan berharap pahala dan ridha Allah, maka dosanya yang lalu akan diampuni.” [dalam riwayat lain]: “Siapa saja yang menghidupkan malam hari bulan Ramadhan dengan dasar iman, dan berharap pahala dan ridha Allah, maka dosanya yang lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Salat Sunnah 8 Rakaat di Bulan Syawal

Salat sunnah 8 rakaat ini merupakan amalan lain yang dapat dilakukan pada bulan Syawal, seperti yang dijelaskan Syekh Abdul Qadir al-Jailani berdasarkan pada hadits dalam kitab Al-Ghunyah juz dua, dalam kita tersebut tercantum bahwa Rasulullah telah memberikan tata cara melakukkannya dan keutamaanya.

Tata Cara Salat Sunnah 8 Rakaat Bulan Syawal

1. Shalat di bulan Syawal sebanyak delapan rakaat baik dilakukan malam hari maupun siang hari.
2. Setiap rakaatnya membaca al-Fatihah dan al ikhlas sebanyak 15x.
3. Setelah delapan rakaat tersebut kemudian dilanjut dengan membaca tasbih (subhanallah wa bi hamdihi, subhanallahil adhim) 70x.
4. Shalawat (allahumma shallli ‘ala sayyidina Muhammad) 70x.

Keutamaan Salat Sunnah 8 Rakaat Bulan Syawal

• Akan diangkat penyakit didunia serta mendapat obatnya
• Jika mendirikan salat sesuai tata cara nya maka akan diampuni dosa-dosanya
• Jika seseorang mati dalam salatnya maka orang tersebut meninggal dalam keadaan syahid.

Selain itu, Rasulullah juga menyebutkan bahwa Allah akan memberikan makhrafah di surga nantinya. Makhrafah ini adalah dua ekor domba yang mempermudah penunggangnya mengelilingi (kebun penuh) pepohonan yang tidak pernah dipotong selama seratus tahun).

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amal Ramadan syawal
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top