Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jurnalis dan Pembuat Film Asal AS, Terbunuh di Ukraina

Brent Renaud seorang jurnalis sekaligus pembuat film asal Amerika Serikat, dilaporkan terbunuh ketika sedang meliput di Kota Kyiv, Ukraina.
Yustinus Andri DP
Yustinus Andri DP - Bisnis.com 13 Maret 2022  |  23:57 WIB
Brent Renaud, jurnalis dan pembuat film asal AS.  - Blooomberg
Brent Renaud, jurnalis dan pembuat film asal AS. - Blooomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang jurnalis sekaligus pembuat film asal Amerika Serikat ditembak dan dibunuh pada Minggu (13/3/2022), saat meliput perang di Ukraina.

Seperti dilaporkan oleh Bloomberg, jurnalis itu adalah Brent Renaud yang berusia 50. Adapun, Brent disebut menjadi jurnalis asing pertama yang tewas dalam konflik antara Ukraina dan Rusia.

Wartawan lain yang turut bersama dengan Renaud dilaporkan terluka dalam penembakan di daerah pinggiran kota Kyiv, Ukraina yang sedang mengalami serangan dari Rusia.

Dalam sebuah unggahan seorang polisi di Kyiv di akun Facebooknya, Renaud dan seorang wartawan lain sedang bepergian dengan mobil di daerah konflik tersebut. Namun naas, mobil yang dikendarai kedua jurnalis itu dikabarkan ditembaki oleh pasukan Rusia.

Renaud, yang telah memenangkan sejumlah penghargaan dan tercatat pernah meliput perang di Irak dan Afghanistan tengah melakukan peliputan dan pengambilan gambar di Irpin, utara ibu kota Kyiv.

Adapun, Renaud telah menjadi kontributor tetap untuk New York Times.

“Berita bahwa seorang jurnalis AS di Ukraina dibunuh oleh orang Rusia jelas mengejutkan dan mengerikan,” kata penasihat keamanan nasional Biden, Jake Sullivan, di acara “Face the Nation” CBS pada Minggu.

Sullivan mengatakan dia tengah mencari tahu bagaimana kejadian itu melanda Renaud.

Sebelum tragedi yang dialami Renaud, pada awal Maret 2022 koresponden Sky News Stuart Ramsay ditembak di bagian punggung bawah setelah mobilnya disergap oleh orang tak dikenal ketika sedang mengemudi kembali ke Kyiv. Ramsay sejak itu kembali ke Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat Rusia Ukraina jurnalis Perang Rusia Ukraina
Editor : Yustinus Andri DP

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top