Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendaftaran Calon Anggota Komnas HAM Periode 2022-2027 Dibuka

Panitia Seleksi (Pansel) Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mulai membuka pendaftaran bagi calon anggota/komisioner Komnas HAM periode 2022-2077
Komisi Nasional Hak Asasi Manusia/Istimewa
Komisi Nasional Hak Asasi Manusia/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Komnas HAM RI) mulai membuka pendaftaran untuk seleksi Calon Anggota Komnas HAM RI Periode 2022-2027. Masa kerja Anggota Komnas HAM periode 2017-2022 akan habis pada November 2022 mendatang.

Saat ini sudah terpilih lima panitia seleksi (pansel) calon anggota Komnas HAM, yakni Mantan Dubes Luar Biasa RI untuk PBB Makarim Wibisono (Ketua), Mantan Ketua Komnas Perempuan Kamala Chandrakirana (Wakil Ketua), Guru Besar Sejarah UIN Syarif Hidayatullah Azyumardi Azra (Anggota), Guru Besar FH UI Harkristuti Harkrisnowo dan Mantan Jaksa Agung Marzuki Darusman.

Pansel yang terdiri dari orang-orang berpengalaman ini diharapkan dapat memperoleh para calon anggota yang memiliki pengetahuan, komitmen, dan konsistensi terhadap pelindungan, pemajuan, penegakan dan pemenuhan hak asasi manusia. Pansel sendiri akan memulai proses pendaftaran yang dibuka mulai Selasa (8/2/2022) hingga 8 Maret 2022.

"Tahapan seleksi akan dimulai dengan pengumuman pendaftaran seleksi calon anggota Komnas HAM RI, lalu dibuka kesempatan mendaftar bagi seluruh WNI yang memenuhi persyaratan hingga sebulan mendatang,” kata Ketua Pansel Makarim Wibisono seperti dikutip dalam keterangan resminya, Selasa (8/2/2022). 

Menurut Makarim, seluruh persyaratan dan teknis pendaftaran secara terbuka dapat diakses di laman Komnas HAM. Pansel juga mensyaratkan dua metode pendaftaran, yaitu pertama melalui online dan kedua melalui pos. 

Pendaftaran online dengan mendaftar dan mengunggah dokumen pendaftaran beserta lampirannya ke laman resmi dan tetap mengirimkan dokumen fisik via pos ditujukan kepada Panitia Seleksi di Kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Jl. Latuharhary No. 4B, Menteng Jakarta Pusat, 10310.

Sedangkan jika melalui pos langsung dengan mengirimkan dokumen fisik pendaftaran beserta lampirannya kepada Panitia Seleksi Calon Anggota Komnas HAM dengan alamat yang sama seperti di atas. 

Ketua Pansel menjanjikan seluruh proses dan tahapan seleksi tidak dikenai biaya serta pungutan dalam segala bentuk. Ia juga mengatakan bersama timnya akan berupaya menyaring dan menyeleksi para pendaftar dengan prosedur yang ketat, bersih, transparan dan akuntabel. 

Rencananya rancangan tahapan lengkap seleksi Calon Anggota Komnas HAM Periode 2022-2027 yakni Seleksi Administrasi (Februari-Maret), Tes Obyektif Tertulis dan Penulisan Makalah (April/Tentatif), Dialog Publik (Mei/Tentatif), Psikotes (Juni/Tentatif), Tes Kesehatan (Juli/Tentatif) dan Wawancara (Juli/Tentatif). 

Nantinya pansel akan menjaring 14 calon anggota atau komisioner Komnas HAM yang akan diajukan ke DPR untuk mengikuti uji kelayakan dan uji kepatutan pada September 2022. Selesai mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di DPR, nama-nama yang lolos ujian di DPR akan diserahkan ke presiden untuk dilantik pada November 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Wahyu Arifin
Editor : Wahyu Arifin
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper